Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Telekomunikasi di Sumatera Barat Kembali Normal

Kompas.com - 07/10/2009, 15:04 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Hari Rabu (7/10) ini, sepekan setelah gempa berkekuatan 7,6 SR mengguncang Sumatera Barat,  layanan telekomunikasi Telkom relatif berjalan normal. Demikian pula layanan seluler Telkomsel yang di hari-hari pertama peristiwa gempa bumi sempat terganggu, kini sudah beroperasi kembali.

Vice President Public and Marketing Communication PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) Eddy Kurnia menyatakan, berdasarkan laporan terakhir kondisi infrastruktur Telkom sudah normal. Setidaknya hal itu tecermin dari laporan tentang kondisi Transport, Service Node, Akses, CME (Civil-Mechanical-Electrical).

Dari sisi Trasport, dilaporkan bahwa link Jasuka (Jawa-Sumatera-Kalimantan) dalam kondisi normal. Demikian pula link yang menghubungkan Padang Centrum dan Bungus yang sempat terputus di Km 11,2 dan Km 15,8 dan menyebabkan matinya 636 SST di S TO Bungus, sudah kembali normal. Terkait infrastruktur satelit, dilaporkan bahwa VSAT di 2 lokasi (Bungus dan Payakumbuh) yang mengalami gangguan akbiat gempat kini sedang dalam perbaikan.

Mengenai infrastruktur jaringan kabel (PSTN, Public Switch Telephone Network), Eddy Kurnia menyebutkan Sentral SLJJ (Trunk) dan Sentral Lokal dalam keadaan normal. Demikian juga, sebanyak 132 Digital Line Unit (semacam sentral tandem) juga beroperasi normal. Untuk infrastuktur Wireless (TELKOMFlexi) dilaporkan, dari 85 BTS, hampir semuanya (84 BTS) sudah dalam kondisi ON.

Infrastruktur Civil Mechanical Electrical (CME) yang meliputi Genset, Rectifier, Baterre, sebagian besar dilaporkan sudah beroperasi normal kecuali beberapa unit baterre yang masih mengalami kerusakan dan sedang diupayakan relokasi.

Infrastruktur akses seperti digital line circuit (DLC) sudah sepenuhnya normal. Seluruh DLC yang berjumlah 58 tercatat dalam kondisi ON. Jumlah pelanggan Speedy yang tercatat masih mengalami gangguan sudah tinggal 5 pelanggan.

Terkait infrastruktur Telkomsel, Eddy Kurnia menjelaskan bahwa sentral utama Telkomsel (MSC, Master Switching Center) dilaporkan sudah beroperasi normal. Demikian juga sebagian besar BTS Telkomsel (709 BTS) sudah berstatus ON , sedangkan 239 tercatat masih terganggu dan sedang dalam progres perbaikan.

Seluruh karyawan Telkom Sumbar dalam keadaan selamat. Namun, banyak yang masih trauma sehingga Telkom telah mengirimkan bantuan SDM, khususnya teknisi, dari luar Sumbar untuk melakukan proses pemulihan, kata Eddy.

Dalam keadaan normal, total kapasitas Line in Service (LIS) Sentral Telepon Otomat (STO) Sumatera Barat mencapai 180.000 satuan sambungan telepon (SST), dengan jumlah pelanggan telepon tetap (fixed line) 152.000 SST.

Jumlah BTS (base transceiver station) Flexi tercatat 85 BTS, yang melayani sekitar 61.000 pelanggan Flexi. Sedangkan jumlah pelanggan layanan Internet kecepatan tinggi Speedy di Sumbar mencapai lebih dari 18.000 Satuan Sambungan layanan (SSL).  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com