Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Manga Hitler Laris di Jepang

Kompas.com - 02/10/2009, 09:45 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Diktator Nazi Adolf Hitler memang bukan tokoh yang disukai banyak orang. Namun, kisah hidupnya tetap menarik untuk diikuti.

Di Jepang, Mein Kampf, buku karya Hitler, diterjemahkan ke dalam bentuk manga (komik). Sejak diluncurkan pada November 2008, komik ini terjual lebih dari 45.000 kopi.

Mein Kampf yang berarti "perjuanganku" merupakan otobiografi sekaligus catatan yang memuat pandangan politik Hitler. Di dalamnya, Hitler menceritakan kehidupannya sejak kecil hingga dia membentuk partai politik.

Kesuksesan komik ini di Jepang menimbulkan perdebatan keras di Jerman, negeri asal Hitler. Perdebatannya tentang perlunya pencabutan pelarangan terbit terhadap buku itu.

Di Jerman, hak cipta buku ini berada di tangan Departemen Keuangan Negara Bagian Bavaria. Demi menghormati keluarga yang menjadi korban kekejaman rezim Hitler, pemegang hak cipta menolak menerbitkannya.

Namun, penerbit Jepang, East Press, tampaknya tidak memedulikan hal itu. Sebelum menjadikan Mein Kampf sebagai manga, penerbit ini juga meluncurkan Das Kapital karya Karl Marx dalam bentuk komik. (TEL/KIS)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com