Manga Hitler Laris di Jepang

Kompas.com - 02/10/2009, 09:45 WIB
Editor

TOKYO, KOMPAS.com — Diktator Nazi Adolf Hitler memang bukan tokoh yang disukai banyak orang. Namun, kisah hidupnya tetap menarik untuk diikuti.

Di Jepang, Mein Kampf, buku karya Hitler, diterjemahkan ke dalam bentuk manga (komik). Sejak diluncurkan pada November 2008, komik ini terjual lebih dari 45.000 kopi.

Mein Kampf yang berarti "perjuanganku" merupakan otobiografi sekaligus catatan yang memuat pandangan politik Hitler. Di dalamnya, Hitler menceritakan kehidupannya sejak kecil hingga dia membentuk partai politik.

Kesuksesan komik ini di Jepang menimbulkan perdebatan keras di Jerman, negeri asal Hitler. Perdebatannya tentang perlunya pencabutan pelarangan terbit terhadap buku itu.

Di Jerman, hak cipta buku ini berada di tangan Departemen Keuangan Negara Bagian Bavaria. Demi menghormati keluarga yang menjadi korban kekejaman rezim Hitler, pemegang hak cipta menolak menerbitkannya.

Namun, penerbit Jepang, East Press, tampaknya tidak memedulikan hal itu. Sebelum menjadikan Mein Kampf sebagai manga, penerbit ini juga meluncurkan Das Kapital karya Karl Marx dalam bentuk komik. (TEL/KIS)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.