Topan Ketsana Terjang Vietnam, 23 Orang Tewas

Kompas.com - 29/09/2009, 18:14 WIB
Editor

HANOI, KOMPAS.com — Topan Ketsana menerjang Vietnam tengah, Selasa (29/9). Sedikitnya 23 orang tewas akibat banjir dan angin kencang berkekuatan 144 km per jam yang dibawa topan itu. Sekitar 170.000 orang lainnya dievakuasi.

Sebelum mencapai Vietnam, Topan Ketsana telah menyebabkan lebih dari 200 orang tewas di Filipina saat masih menjadi badai tropis yang lebih lemah. Menurut Pusat Cuaca Nasional Vietnam, setelah bertambah kuat di atas Laut China Selatan, topan itu melanda daratan Vietnam.

Hujan dan angin kencang mulai menerpa pantai Vietnam, Selasa (29/9) pagi. Saat itu juga aliran listrik putus di sejumlah tempat. "Ada sejumlah pemadaman listrik di sejumlah provinsi," kata Truong Ngoc Nhi, Wakil Gubernur Provinsi Quang Ngai. "Banyak jalan dipenuhi pohon tumbang dan utilitas yang berserakan. Tampak seperti medan pertempuran," katanya.

Korban tewas umumnya karena tertimpa pohon tumbang, tertimbun tanah longsor, dan tersengat aliran listrik. Pejabat lokal mengatakan, sungai-sungai meluap dan banyak rumah terlanda banjir, beberapa wilayah di pegunungan terisolasi akibat tanah longsor. Topan itu juga menyebabkan semua penerbangan ke tempat-tempat wisata di Danang dan Hue dibatalkan.

Dari Vietnam topan bergerak menuju Laos. Aparat Vietnam mengevakuasi sekitar 170.000 penduduk di enam provinsi di Vietnam tengah saat topan itu mendekat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.