Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Topan Ketsana Terjang Vietnam, 23 Orang Tewas

Kompas.com - 29/09/2009, 18:14 WIB

HANOI, KOMPAS.com — Topan Ketsana menerjang Vietnam tengah, Selasa (29/9). Sedikitnya 23 orang tewas akibat banjir dan angin kencang berkekuatan 144 km per jam yang dibawa topan itu. Sekitar 170.000 orang lainnya dievakuasi.

Sebelum mencapai Vietnam, Topan Ketsana telah menyebabkan lebih dari 200 orang tewas di Filipina saat masih menjadi badai tropis yang lebih lemah. Menurut Pusat Cuaca Nasional Vietnam, setelah bertambah kuat di atas Laut China Selatan, topan itu melanda daratan Vietnam.

Hujan dan angin kencang mulai menerpa pantai Vietnam, Selasa (29/9) pagi. Saat itu juga aliran listrik putus di sejumlah tempat. "Ada sejumlah pemadaman listrik di sejumlah provinsi," kata Truong Ngoc Nhi, Wakil Gubernur Provinsi Quang Ngai. "Banyak jalan dipenuhi pohon tumbang dan utilitas yang berserakan. Tampak seperti medan pertempuran," katanya.

Korban tewas umumnya karena tertimpa pohon tumbang, tertimbun tanah longsor, dan tersengat aliran listrik. Pejabat lokal mengatakan, sungai-sungai meluap dan banyak rumah terlanda banjir, beberapa wilayah di pegunungan terisolasi akibat tanah longsor. Topan itu juga menyebabkan semua penerbangan ke tempat-tempat wisata di Danang dan Hue dibatalkan.

Dari Vietnam topan bergerak menuju Laos. Aparat Vietnam mengevakuasi sekitar 170.000 penduduk di enam provinsi di Vietnam tengah saat topan itu mendekat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com