Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pesawat AS Tanpa Awak Jatuh di Irak

Kompas.com - 27/09/2009, 14:48 WIB

BAGHDAD, KOMPAS.com — Sebuah pesawat pengintai tak berawak Amerika Serikat jatuh di kantor partai politik Irak di kota Mosul.

"Kami bisa konfirmasikan bahwa sebuah pesawat udara pengintai tak berawak jatuh Sabtu," kata pernyataan militer AS seperti dilansir AFP, Minggu (27/9).

Mereka menambahkan bahwa tidak dilaporkan adanya korban cedera. Pihak militer mengatakan, insiden itu tidak mengindikasikan bahwa pesawat yang menabrak kantor Partai Islam Irak itu jatuh sebagai akibat serangan musuh. Namun, ditambahkan bahwa insiden tersebut kini sedang dalam penyelidikan.

Tentara Amerika menemukan pesawat tak berawak itu dan kini membahas perbaikan kantor tersebut dengan para pejabat lokal. Pesawat tak berawak digunakan secara berkala oleh militer AS di kawasan tersebut, daerah yang paling berbahaya di Irak, yang tujuan utamanya adalah untuk memantau penanaman bom pinggir jalan yang dilakukan oleh pemberontak.

Meskipun militer AS telah menarik tentaranya dari kota-kota besar dan kecil di Irak, tetapi masih memberikan bantuan dan latihan kepada pasukan keamanan negara tersebut, terutama pengintaian udara dan logistik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com