Badai Ketsana Tewaskan 70 Orang Lebih di Filipina

Kompas.com - 27/09/2009, 11:32 WIB
Editor

MANILA, KOMPAS.com — Hujan yang turun selama 12 jam akibat terjangan Badai Tropis di Filipina menewaskan 72 orang. Hujan juga mengakibatkan ribuan orang terdampar karena harus menyelamatkan diri di atap rumah mereka dalam bencana banjir terburuk di ibu kota Manila dalam kurun lebih dari 42 tahun.

Pemerintah Filipina mengumumkan kondisi darurat bencana di Manila serta 25 provinsi lain yang dilanda badai. Kondisi yang diumumkan oleh Menteri Pertahanan Filipina Gilberto Teodoro yang memimpin Dewan Koordinasi Bencana Nasional itu memungkinkan dikeluarkannya dana darurat bagi penyelamatan korban serta pemulihan bencana.

Bencana longsor dan banjir bandang di provinsi Rizal telah menewaskan 35 orang. Sebagian besar korban meninggal dunia akibat tenggelam dalam arus banjir.  

Tiga orang juga dilaporkan tewas dalam bencana banjir di Muntinglupa, wilayah pinggiran selatan Manila. Sementara 2 orang lainnya dilaporkan tewas dalam bencana banjir di kota Quezon.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.