Hugo Chavez Balas Kritik Hillary

Kompas.com - 25/09/2009, 18:10 WIB
Editor

NEW YORK, KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez mengatakan, Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton "sepenuhnya salah" dalam mengkritisi pembelian senjata pemerintahnya dari Rusia.
   
Menurut Chavez, Clinton menyatakan prihatin terhadap perlombaan senjata di kawasan tersebut pada awal bulan ini, setelah Venezuela mengumumkan bahwa Rusia akan membantu pinjaman dua miliar dollar AS untuk pembelian beberapa tank dan sistem persenjataan anti-pesawat terbang. "Dia sepenuhnya keliru," kata Chavez, Kamis, ketika ditanya mengenai hal itu dalam wawancara dengan CNN.
   
"Anda mestinya prihatin. Dia kehilangan cara. Dia sepenuhnya salah," kata Chavez.
   
Chavez menegaskan bahwa Venezuela telah menandatangani kontrak pembelian senjata senilai miliaran dollar AS dengan Rusia dalam beberapa tahun belakangan ini, dan itu salah satu anggaran pertahanan terkecil di kawasan tersebut.
   
Pemimpin Venezuela itu mengatakan bahwa kesepakatan pembelian senjata terakhir adalah untuk 92 tank T-72 dan sistem pertahanan udara tidak-biasa untuk merespons rencana-rencana AS untuk menggunakan tujuh pangkalan di negara tetangganya, Kolombia.
   
Dalam wawancara, Chavez, yang menyampaikan pidato Kamis di Sidang Majelis Umum PBB, menjamin bahwa pemerintahnya tidak akan memutus pasokan minyaknya kepada AS. "Saya tak kan pernah lakukan itu sekarang. Itu adalah bisnis, dan kami akan terus mengirimkan minyak," katanya.
   
"Kami ingin mempunyai hubungan yang baik dan memuaskan sesuai keinginan dunia," katanya pula.
   
Dia pun mengatakan ingin menjalin hubungan baik dengan pemerintahan Presiden Barack Obama, sama seperti hubungan Venezuela dengan AS ketika Bill Clinton berkantor di Gedung Putih.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.