Venezuela dan China Teken Kesepakatan Eksplorasi Minyak

Kompas.com - 17/09/2009, 07:57 WIB
Editor

NAIGUATA, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Hugo Chavez, Rabu (16/9) mengumumkan, kesepakatan 16 miliar dollar AS  dengan China untuk mengebor minyak di basin Orinoco yang kaya sumber daya. "Kemarin (Selasa), kesepakatan ditandatangani di Beijing untuk basin Orinoco. Ini menetapkan sebuah investasi China 16 miliar dollar AS selama tiga tahun," kata Chavez di sebuah acara publik.
    
Dia memberikan beberapa rincian tentang perjanjian dan tidak menyebutkan nama perusahaan China yang terlibat, tapi mengatakan mereka akan membentuk usaha patungan dengan BUMN Petroleos de Venezuela (PDVSA) untuk menghasilkan 450.000 barrel per hari minyak mentah berat tambahan.
    
Venezuela, salah satu anggota pendiri kartel minyak OPEC dan eksportir minyak terkemuka Amerika Latin, Sabtu mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan serupa dengan konsorsium Rusia.
    
Kesepakatan akan melihat sekelompok lima perusahaan Rusia berinvestasi lebih dari 20 miliar dollar AS selama tiga tahun, dan memberikan mereka hak-hak untuk mengebor minyak di blok Junin-6 dari sabuk minyak Orinoco.
    
Perusahaan patungan itu juga diharapkan menghasilkan 450.000 barel per hari pada 2012, kata Chavez.
   
Venezuela yang diklaim kaya minyak saat ini  memiliki cadangan terbukti sekitar 142,3 miliar barrel, tetapi ahli percaya basin Orinoco Venezuela bisa mengadakan tambahan 235 miliar barrel.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.