Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Venezuela dan China Teken Kesepakatan Eksplorasi Minyak

Kompas.com - 17/09/2009, 07:57 WIB

NAIGUATA, KOMPAS.com - Presiden Venezuela Hugo Chavez, Rabu (16/9) mengumumkan, kesepakatan 16 miliar dollar AS  dengan China untuk mengebor minyak di basin Orinoco yang kaya sumber daya. "Kemarin (Selasa), kesepakatan ditandatangani di Beijing untuk basin Orinoco. Ini menetapkan sebuah investasi China 16 miliar dollar AS selama tiga tahun," kata Chavez di sebuah acara publik.
    
Dia memberikan beberapa rincian tentang perjanjian dan tidak menyebutkan nama perusahaan China yang terlibat, tapi mengatakan mereka akan membentuk usaha patungan dengan BUMN Petroleos de Venezuela (PDVSA) untuk menghasilkan 450.000 barrel per hari minyak mentah berat tambahan.
    
Venezuela, salah satu anggota pendiri kartel minyak OPEC dan eksportir minyak terkemuka Amerika Latin, Sabtu mengumumkan bahwa mereka telah menandatangani kesepakatan serupa dengan konsorsium Rusia.
    
Kesepakatan akan melihat sekelompok lima perusahaan Rusia berinvestasi lebih dari 20 miliar dollar AS selama tiga tahun, dan memberikan mereka hak-hak untuk mengebor minyak di blok Junin-6 dari sabuk minyak Orinoco.
    
Perusahaan patungan itu juga diharapkan menghasilkan 450.000 barel per hari pada 2012, kata Chavez.
   
Venezuela yang diklaim kaya minyak saat ini  memiliki cadangan terbukti sekitar 142,3 miliar barrel, tetapi ahli percaya basin Orinoco Venezuela bisa mengadakan tambahan 235 miliar barrel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com