Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biografi Sarwono Prawirohardjo dan Soedjono D Poesponegoro Diterbitkan

Kompas.com - 14/09/2009, 20:37 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com -  Potret perjalanan hidup dan peran besar dua ilmuwan Indonesia akan diluncurkan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), hari Selasa (15/9). Kedua buku yang diterbitkan itu berisi biografi Prof. Sarwono Prawirohardjo (Ketua LIPI pertama) dan Prof. Soedjono Djoened Poesponegoro (Menteri Riset pertama).

 

Buku biografi untuk kedua tokoh ilmuwan tersebut berjudul "Sarwono Prawirohardjo Pembangunan Institusi Ilmu Pengetahuan Indonesia" yang ditulis Asvi Warman Adam dan "Tahun Penuh Perjuangan Soedjono Djoened Poesponegoro" yang ditulis Dhurorudin Mashad.

 

Kepala LIPI Umar Anggara Jenie di Jakarta, Senin (14/9), mengatakan kedua kiprah tokoh tersebut dalam meletakkan landasan dan membangun institusi keilmuan, serta awal kehidupan dan perjalalanan ilmu pengetahuan di Indonesia harus dicatat dalam sejarah untuk diketahui generasi ilmuwan selanjutnya.

 

Prof Sarwono dalam biografinya mengatakan kepedulian terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi seyogyanya diperlihatkan pemerintah dengan tingkat persentase anggaran. Petrlu juga diberikan tunjangan fungsional kepada segenap peneliti yang telah mengabdikan diri bagi kemajuan bangsa.

 

Prof Soedjono yang merupakan seorang tokoh kedokteran dinilai sebagai pemabngin institusi dunia kedokteran Indonesia.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com