Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Siap Bertemu Korut Langsung

Kompas.com - 12/09/2009, 18:50 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat mengatakan akan melakukan pembicaraan langsung dengan Korea Utara untuk membujuk negara itu kembali ke perundingan multilateral—yang selama ini terhenti—sehubungan dengan progam nuklirnya.

Namun, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Philip Crowley, mengatakan masih belum diputuskan kapan pembicaraan itu akan dilangsungkan.

Dia juga menegaskan bahwa langkah itu bukanlah perubahan kebijakan karena pembicaraan langsung dengan Korea Utara tetap dalam konteks proses perundingan enam negara.

Korea Utara mundur dari perundingan multilateral April tahun ini setelah komunitas internasional mengkritik peluncuran roket, yang mereka sebut untuk kepentingan damai.

Wartawan BBC di Seoul, Korea Selatan, John Sudworth mengatakan, keputusan itu menunjukkan perubahan taktis yang bisa menjadi petunjuk Amerika Serikat ingin bertemu lebih dulu dengan Korea Utara sebelum memberi komitmen kepada porses multilateral.
    
Sementara pada awal pekan ini, utusan khusus Amerika Serikat untuk Korea Utara, Stephen Bosworth, bertemu dengan para pejabat Korea Selatan, China, dan Tokyo untuk membahas perundingan multilateral.

Seorang pejabat tinggi Deplu AS—yang tidak mau disebutkan namanya—mengatakan kepada para wartawan bahwa kemungkinan Bosworth yang akan bertemu dengan para pejabat Korea Utara.

Bulan September 2005, Korea Utara sepakat untuk mengabaikan program nuklirnya dengan imbalan bantuan keuangan. Kesepakatan itu dicapai lewat perundingan Korea Utara dengan Korea Selatan, China, Jepang, Rusia dan Amerika—yang dikenal sebagai perundingan enam negara.

Namun, sejak dicapainya kesepakatan tersebut, perundingan terhenti karena Pyongyang tidak memberikan kepastian tentang penutupan reaktor nuklir Yongbyon.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com