AS Siap Bertemu Korut Langsung

Kompas.com - 12/09/2009, 18:50 WIB
Editor

WASHINGTON, KOMPAS.com — Amerika Serikat mengatakan akan melakukan pembicaraan langsung dengan Korea Utara untuk membujuk negara itu kembali ke perundingan multilateral—yang selama ini terhenti—sehubungan dengan progam nuklirnya.

Namun, juru bicara Departemen Luar Negeri Amerika Serikat, Philip Crowley, mengatakan masih belum diputuskan kapan pembicaraan itu akan dilangsungkan.

Dia juga menegaskan bahwa langkah itu bukanlah perubahan kebijakan karena pembicaraan langsung dengan Korea Utara tetap dalam konteks proses perundingan enam negara.

Korea Utara mundur dari perundingan multilateral April tahun ini setelah komunitas internasional mengkritik peluncuran roket, yang mereka sebut untuk kepentingan damai.

Wartawan BBC di Seoul, Korea Selatan, John Sudworth mengatakan, keputusan itu menunjukkan perubahan taktis yang bisa menjadi petunjuk Amerika Serikat ingin bertemu lebih dulu dengan Korea Utara sebelum memberi komitmen kepada porses multilateral.
    
Sementara pada awal pekan ini, utusan khusus Amerika Serikat untuk Korea Utara, Stephen Bosworth, bertemu dengan para pejabat Korea Selatan, China, dan Tokyo untuk membahas perundingan multilateral.

Seorang pejabat tinggi Deplu AS—yang tidak mau disebutkan namanya—mengatakan kepada para wartawan bahwa kemungkinan Bosworth yang akan bertemu dengan para pejabat Korea Utara.

Bulan September 2005, Korea Utara sepakat untuk mengabaikan program nuklirnya dengan imbalan bantuan keuangan. Kesepakatan itu dicapai lewat perundingan Korea Utara dengan Korea Selatan, China, Jepang, Rusia dan Amerika—yang dikenal sebagai perundingan enam negara.

Namun, sejak dicapainya kesepakatan tersebut, perundingan terhenti karena Pyongyang tidak memberikan kepastian tentang penutupan reaktor nuklir Yongbyon.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X