Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan China Bicarakan Kontra-terorisme

Kompas.com - 11/09/2009, 12:25 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Amerika Serikat dan China yang telah melembagakan dialog mengenai masalah-masalah politik dan ekonomi penting, akan menyelenggarakan perundingan mengenai kontra-terorisme, kata Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton, Kamis (10/9).
   
"Saya dengan senang mengumumkan bahwa AS dan China akan menyelenggarakan perundingan bersama mengenai kontra-terorisme dalam waktu dekat ini," katanya dalam suatu forum bisnis yang dihadiri ketua parlemen China, Wu Bangguo.
   
Wu adalah orang kedua yang paling berkuasa di Partai Komunis yang berkuasa di China, yang dipimpin oleh Presiden Hu Jintao.
   
Perundingan-perundingan yang diungkapkan oleh Hillary mungkin dialog pertama yang dilakukan dengan China membahas kontra-terorisme, kata para diplomat regional.
   
Pemerintah Presiden Barack Obama juga untuk pertama kalinya menggelar Dialog Ekonomi dan Strategi dengan China pada Juli lalu, yang difokuskan pada persoalan bilateral, regional dan tantangan global mengenai masalah kebijakan ekonomi dan luar negeri.
   
Pada dialog itu juga dibahas mengenai masalah perubahan iklim.
Serangkaian perundingan diluncurkan mantan presiden AS George W. Bush pada 2006.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com