Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Profesor Pimpinan Abu Sayyaf Diadili di AS

Kompas.com - 29/08/2009, 13:55 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Pengadilan AS akhirnya bisa mengadili salah satu pendiri kelompok militan Abu Sayyaf, Madhatta Haipe, Jumat (28/8) waktu Washington.

Madhatta Haipe, mantan profesor studi Islam di Mindanao State University, adalah pimpinan Abu Sayyaf yang menculik 16 wisatawan, termasuk empat warga AS, dari sebuah resor pada 1995.

Pemerintah Filipina menyerahkan Haipe kepada AS, Kamis (27/8), setelah ditahan di Filipina sekitar tiga bulan. Haipe menjalani sidang perdana, Jumat di pengadilan federal Washington.

Tim jaksa menyebut bahwa Haipe adalah salah satu pimpinan Abu Sayyaf, kelompok militan yang terkait dengan Al Qaeda. Abu Sayyaf memberontak terhadap Pemerintah Filipina dalam beberapa dekade terakhir. "Dengan ekstradisi ini, kami berharap menghadirkan keadilan bagi korban warga AS dan Filipina yang disandera," kata David Kris, asisten Jaksa Agung AS.

Haipe dituduh memimpin kelompok yang menculik 16 wisatawan dari Traan-Kine Spring Resort di Lake Sebu, selatan Manila pada 27 Desember 2005. Kelompok bersenjata itu memasuki resor siang hari. Dalam bahasa Tagalog, mereka berteriak dan memerintahkan para wisatawan tiarap. Sejumlah sandera ditendang dan dipopor senjata. Mereka kemudian diikat dan dibawa kabur.

Haipe menginterogasi para sandera, menanyakan kewarganegaraannya, pekerjaan, dan sumber dananya. Ia kemudian meminta tebusan 38.000 dollar AS untuk membebaskan seorang warga AS dan putrinya. Kelompok itu akhirnya membebaskan para sandera pada 31 Desember 1995 setelah mendapatkan total uang tebusan 57.000 dollar AS.

Seminggu kemudian, tentara Filipina dengan dukungan helikopter tempur menyerbu sarang kelompok itu, menewaskan tujuh militan dan menangkap tiga orang. Haipe terluka. Namun ia berhasil meloloskan diri. Haipe akhirnya tertangkap bersama lima teroris lain di Malaysia. Ia kemudian dideportasi ke Filipina pada Mei 2009.

Menteri Kehakiman Filipina Ricardo Blancaflor mengatakan, Haipe adalah salah satu pendiri Abu Sayyaf dan bertindak sebagai bendahara dalam kelompok itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com