CIA Interogasi Tahanan dengan Bor Listrik

Kompas.com - 22/08/2009, 10:23 WIB
Editor

WASHINGTON, KOMPAS.com — Praktik kekerasan Badan Intelijen Pusat AS (CIA) dalam menginterogasi tahanan kembali terungkap.

Sejumlah sumber di Kongres mengungkapkan laporan internal pemerintah yang ditulis pada 2004 menunjukkan, para investigator CIA mengancam salah satu tahanan dengan todongan pistol dan bor listrik.

Menurut laporan majalah Newsweek, Jumat (21/8), tersangka itu adalah pelaku pengeboman USS Cole Abd Al Rahim Al Nashiri. Dia ditangkap pada November 2002.

Al Nashiri juga disiksa dengan teknik waterboarding, yakni teknik interogasi yang disetujui pemerintahan mantan Presiden George W Bush dengan cara menenggelamkan kepala tersangka di dalam air. Presiden AS Barack Obama mengecam metode ini sebagai bentuk penyiksaan.

Secara rinci model interogasi yang dialami Al Nashiri tertuang dalam laporan inspektur jenderal CIA pada 2004. Seorang hakim federal telah memerintahkan laporan itu dirilis pekan depan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.