Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Biarkan Kami Merdeka Berkreasi.....

Kompas.com - 17/08/2009, 15:54 WIB

KOMPAS.com - Arti kemerdekaan bagi setiap orang bisa beraneka ragam. Beda generasi, kadang beda pula pemaknaannya. Eni Purba (34), warga Rawamangun, memaknai kemerdekaan sebagai kebebasan untuk berekspresi.

Khas anak muda. "Merdeka itu berarti bebas untuk berkreasi," tuturnya ketika ditemui Kompas.com di depan Istana Negara, Senin (17/8). Bebas berkreasi bagi orang muda seperti Eni berarti mengizinkan perubahan terjadi melalui tangan mereka. Tangan-tangan generasi muda yang hadir dengan tantangan generasi masa kini.

Begitu pula dengan Rita (33), rekannya. Menurut Rita, merdeka berarti bebas melakukan apa saja. Namun, jangan terlalu anggap remeh dengan jawaban Rita. Dia mengatakan generasi muda bukan generasi yang tak tahu aturan. "Merdekanya bebas melakukan apa saja asal jangan melanggar peraturan," lanjut Rita.

Baik Eni maupun Rita mengatakan pemerintahan terakhir sudah cukup memberikan kebebasan berkreasi meski banyak yang perlu dievaluasi dan diperbaiki lagi. Kalau ada kurang-kurang, namanya juga perubahan, ungkap Eni. Hanya saja, pemerintah harus banyak belajar lagi menjadi fasilitator bagi generasi mudanya untuk bebas berkreasi. Bisa lewat fasilitas yang memadai. Bisa pula lewat kebijakan yang mendukung terciptanya lapangan kerja.

"Ciptakan lapangan kerja supaya enggak ada pengangguran. Ciptakan pendidikan yang mengajarkan untuk menciptakan kreativitas," tandas Eni. Satu lagi, ungkap Eni, merdeka berarti kebebasan seseorang untuk memeluk serta menjalankan keyakinannya sebab keyakinan adalah pangkal dari perbaikan akhlak yang baik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com