Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Longsor Runtuhkan Apartemen di China

Kompas.com - 11/08/2009, 15:32 WIB

BEIJING, KOMPAS.com — Sedikitnya, enam blok apartemen ambruk menyusul longsor di China timur, membuat sejumlah orang terperangkap.

Para pejabat mengatakan bahwa mereka bisa menarik enam orang hidup-hidup dari reruntuhan di Kota Pengxi, Provinsi Zhejiang, Selasa (11/8).

Longsor dipicu oleh hujan deras yang disebabkan Topan Morakot yang menyapu sebagian kawasan Asia Timur. Sementara itu di Taiwan, ratusan orang dikhawatirkan tewas setelah longsor yang disebabkan oleh badai yang mengubur sebuah desa kecil.

Laporan-laporan dari China menyebutkan, pada pukul 22.30 waktu setempat hari Senin, longsor menghantam Pengxi, dekat Kota Wenzhou.

Seorang saksi mata mengatakan kepada televisi China bahwa sekitar "satu detik" lumpur dan batu itu mengubur gedung apartemen empat tingkat.

Wartawan BBC, Quentin Sommerville, menyebutkan, enam atau tujuh blok apartemenyang menurut perkiraan masing-masing dihuni 28 keluargaterkubur sehingga angka kematian kemungkinan bertambah. Laporan Xinhua menunjukkan operasi penyelamatan terhambat oleh banyaknya puing yang jatuh menimpa mereka.

Morakot melemah menjadi badai tropis Senin pagi, tetapi masih menimpa China tenggara ketika hujan deras. Lebih dari 1 juta orang diungsikan dari kediaman mereka dan enam orang dilaporkan tewas, termasuk empat di Provinsi Zhejiang dan dua lainnya di Provinsi Fujian dan Jiangxi. Kantor berita resmi Xinhua mengatakan, ratusan desa dan kota terendam banjir, serta lebih dari 2.000 rumah dan gedung ambruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com