Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hadapi Militer AS, Chavez Siapkan Pertempuran

Kompas.com - 10/08/2009, 13:58 WIB

CARACAS, KOMPAS.com — Presiden Venezuela Hugo Chavez memerintahkan militernya bersiaga untuk menghadapi kemungkinan konfrontasi dengan Kolombia. Perintah Hugo Chavez ini dikeluarkan dengan anjuran waspada terhadap rencana Bogota meningkatkan kehadiran militer AS di beberapa pangkalannya yang dikhawatirkan berpotensi menimbulkan ancaman keamanan bagi Venezuela.  

Chavez telah mengeluarkan peringatannya hampir secara harian bahwa Washington kemungkinan menggunakan beberapa pangkalan di Kolombia untuk mengguncang kestabilan keamanan regional. Peringatan Chavez ini dikeluarkan setelah mengetahui adanya negosiasi tentang rencana AS untuk menyewa 7 pangkalan militer Kolombia.

"Ancaman terhadap kita meningkat," kata Chavez. "Saya menyerukan segenap masyarakat dan militer untuk siap bertempur!" serunya.

Seorang mantan pejabat militer Venezuela menerangkan, beberapa tentara Kolombia belakangan terdeteksi memasuki perbatasan yang membelah kedua negara. Aksi ini mengisyaratkan kemungkinan Kolombia memprovokasi militer Venezuela.

"Pasukan Kolombia itu menerobos perbatasan dan memasuki wilayah teritorial Venezuela melalui Sungai Orinoco dengan menumpangi sebuah perahu," kata Chavez. "Saat pasukan kami tiba di sana, pasukan Kolombia itu telah beranjak pergi," tegasnya.

Chavez menerangkan, Kementerian Luar Negeri Venezuela akan menyampaikan peringatan secara resmi bahwa militer negaranya akan mengambil tindakan balasan apabila pasukan Kolombia menggencarkan serangan ke pasukan Venezuela. Chavez menerangkan keinginannya pekan ini menghadiri konferensi Perhimpunan Negara Amerika Selatan di Quito, Ekuador, untuk mendesak sekutunya di Amerika Latin menekan Presiden Kolombia Alvaro Uribe agar mempertimbangkan kembali rencana untuk meningkatkan kehadiran militer AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com