Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Akan Setujui Rencana Perdamaian dari AS

Kompas.com - 05/08/2009, 05:07 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Menteri Pertahanan Israel Ehud Barak mengatakan, AS akan menyampaikan rencana perdamaian Timur Tengah dalam beberapa pekan dan Israel akan menerimanya. "Dalam beberapa pekan yang akan datang, rencana mereka akan diformulasikan dan disampaikan pada pihak-pihak terkait," kata Barak, menurut seorang juru bicara parlemen Israel yang memberi informasi singkat pada wartawan mengenai pidato pemimpin pertahanan itu pada komisi urusan luar negeri dan pertahanan parlemen.
    
"Saya percaya bahwa Israel mesti mengambil pimpinan dalam menerima rencana itu," kata Barak. Barak telah menggelar serangkaian pertemuan dengan utusan Timur Tengah Presiden AS Barack Obama, George Mitchell, mengenai permintaan Washington akan pembekuan permukiman Yahudi yang ditentang oleh PM Israel Benyamin Netanyahu.
    
Presiden Palestina Mahmoud Abbas telah meminta dihentikannya aktivitas permukiman, seperti ditentukan oleh "peta jalan" perdamaian 2003 yang didukung AS, sebelum pembicaraan yang telah ditangguhkan sejak serangan Israel di Jalur Gaza Desember lalu dapat dimulai lagi. Media Israel telah berspekulasi pemerintah Obama akan mengemukakan proposal perdamaian untuk berupaya memecahkan kebuntuan yang dicapai dalam pembicaraan Israel dan Palestina yang dilancarkan pada konferensi di Annapolis, Maryland, November 2007.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com