Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Mulai Adili Demonstran Oposisi

Kompas.com - 02/08/2009, 03:38 WIB

KOMPAS.com — Puluhan aktivis reformasi terkemuka Iran yang ditangkap setelah pemilihan presiden yang dipersengketakan telah dimulai. Kasus ini digelar di satu pengadilan revolusi di ibu kota Iran, Teheran.

Kantor berita Fars mengatakan, salah satu terdakwa adalah mantan wakil presiden Mohammad Ali Abtahi, yang bekerja di bawah mantan presiden Mohamed Khatami.

Mereka dilaporkan didakwa menyulut kerusuhan, melakukan perusakan, "bertindak melawan keamanan nasional", dan bersekongkol untuk melawan sistem yang berkuasa.

Para terdakwa lain termasuk anggota terkemuka gerakan reformasi oposisi. Sebagian menyatakan di persidangan bahwa pernyataan mereka sebelumnya mengenai kecurangan dalam pemilihan presiden 12 Juni tidak mendasar.

Puluhan orang diadili. Foto-foto dari ruang sidang yang penuh sesak memperlihatkan para terdakwa duduk dengan mengenakan seragam tahanan penjara dan dikawal penjaga di dekat mereka.

Kantor berita resmi Irna mengatakan, dakwaan-dakwaan lain terhadap mereka termasuk "memiliki kaitan dengan kelompok-kelompok kontrarevolusioner." Menurut Irna, tanpa menyinggung jumlah pasti orang yang diadili, sebagian dari mereka dipotret "melakukan kejahatan," dan orang-orang yang membantu para oposisi "dalam pelarian."

Kantor berita Fars, yang menyatakan 100 terdakwa diadili, melaporkan, mantan wakil presiden Mohammad Ali Abtahi, mantan menteri luar negeri Mohsen Aminzadeh, mantan juru bicara pemerintah Abdollah Ramazanzadeh, mantan anggota senior parlemen Mohsen Mirdamadi, dan mantan Menteri Industri Minister Behzad Nabavi diadili.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com