Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kerja Sama 10 Tahun, Saham Yahoo! Melorot, Microsoft Naik

Kompas.com - 30/07/2009, 08:27 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Microsoft Corp. dan Yahoo Inc. Rabu (29/7) waktu setempat akhirnya mengumumkan kerja sama di bidang bisnis search engine dan iklan selama 10 tahun. Aksi ini diharapkan menjadikan perusahaan-perusahaan tersebut bisa menantang Google Inc di bisnis dunia maya.

Yahoo akan mendapatkan 88 persen keuntungan iklan yang berasal dari pelanggan yang mengakses dari layanan pencarian di halaman Yahoo selama lima tahun pertama. Selain itu, Yahoo juga berhak menempatkan iklan-iklan premium-nya di sejumlah situs milik Microsoft.

Berdasarkan data survei ComScore, kombinasi Yahoo dan Microsoft menguasai 28 persen pangsa pasar layanan mesin pencari di AS atau kedua setelah Google yang saat ini menguasai 65 persen. Untuk pasar global, Google lebih dominan di bisnis layanan mesin pencari dengan 67 persen pangsa pasar sedangkan gabungan Yahoo dan Microsoft baru menguasai 11 persen.

Pada perdagangan di Wall Street, saham Yahoo! langsung melorot 12,08 persen ke 15,14 dollars per saham, karena kesepakatan tersebut tidak memberikan dana tunai ke perusahaan pioner internet itu.

Sementara saham Microsoft naik 1,41 persen pada 23,80 dollar AS dan Google melemah 0,82 persen menjadi 436,24 dollar AS per saham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com