Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Nigeria Bunuh 32 Anggota Boko Haram

Kompas.com - 27/07/2009, 05:11 WIB

BAUCHI, KOMPAS.com-Pasukan keamanan Nigeria membunuh sedikitnya 32 orang di negara bagian Bauchi di Nigeria timurlaut, Minggu (26/7).

Itu menyusul serangan sebuah kelompok bersenjata ke pos polisi sebagai pembalasan atas penangkapan pemimpin mereka.

Sekitar 70 warga Nigeria bersenjatakan dengan senapan dan granat tangan telah menyerang sebuah pos polisi setempat di kota Bauchi, ibukota negara bagian itu, Minggu pagi tapi mundur setelah tembak-menembak dengan pasukan keamanan. Pasukan keamanan membalas dengan menyerang lingkungan permukiman dan tempat persembunyian kelompok itu, menangkap ratusan orang.

Seorang wartawan Reuters menghitung 32 mayat di dua pos polisi Bauchi dan mengatakan puluhan orang terluka di antara lebih dari 200 orang yang ditangkap.

Juru bicara polisi Bouchi, Mohammed Barau mengatakan kelompok bersenjata itu anggota-anggota Boko Haram, kelompok lokal yang menginginkan syariah (hukum Islam) diterapkan di seluruh Nigeria. "Situasinya sekarang telah terkendali. Lebih banyak anggota organisasi itu telah ditangkap," kata Barau.

Seorang anggota kelompok yang terluka dalam serangan awal di pos polisi itu mengatakan kelompok tersebut ingin "membersihkan sistim Nigeria yang telah dikotori oleh pendidikan Barat dan menegakkan syariah di seluruh negara itu". "Polisi telah menangkap pemimpin kami, itulah mengapa kami memutuskan untuk membalas," kata pria tersebut, yang menyebutkan namnya hanya sebagai Abdullah.

Bauchi adalah satu dari 12 negara bagian di utara yang dominan Muslim yang memulai pelaksanaan lebih keras syariah pada tahun 2000 -- keputusan yang memicu kekerasan sektarian yang menewaskan ribuan orang.

Nigeria kira-kira terbagi sama antara Kristiani dan Muslim, meskipun kepercayaan animis tradisional menyokong banyak kepercayaan rakyat. Lebih dari 200 kelompok etnik pada umumnya hidup dengan damai berdampingan di negara Afrika barat itu, meskipun perang saudara telah menyebabkan 1 juta orang tewas antara 1967 dan 1970 serta ada kerusuhan agama sejak itu.

November lalu, ratusan orang tewas dalam dua hari bentrokan di kota Jos di Nigeria tengah setelah pemilihan yang diperselisihkan memicu pertempuran terburuk antara kelompok Muslim dan Kisten dalam beberapa tahun di negara paling padat penduduknya di Afrika itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com