Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Korea Korban Bom Mega Kuningan Dipulangkan

Kompas.com - 19/07/2009, 21:53 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Warga negara Korea, Cho Ing Sang yang menjadi korban ledakan bom Hotel JW Marriott dan Ritz-Charlton dipulangkan setelah dirawat di Rumah Sakit Metropolitan Medical Centre (RS MMC) Jakarta.
     
Cho Ing Sang yang menggunakan kursi roda keluar dari RS MMC Jakarta, Minggu (19/7) malam, sekitar pukul 19.00 WIB. Perawat RS MMC, Tini mengatakan, selain kondisinya dinilai sudah baik, Cho Ing Sang diizinkan keluar karena ingin pulang dan melanjutkan perobatan di negaranya.
     
Dengan dipulangkannya Cho Ing Sang tersebut, berarti tinggal sembilan orang pasien korban ledakan bom Marriot yang dirawat di RS MMC.
     
Sebelumnya pada hari yang sama, dua pasien korban ledakan bom Marriott juga dipulangkan setelah dianggap mulai dianggap sehat meski harus menjalani rawat jalan. Dua pasien itu merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang bernama Melisa dan Yoga Purwanto.
     
Dengan kepulangan Cho Ing Sang, Melisa dan Yoga Purwanto itu, RS MMC hanya merawat sembilan korban lagi, yang terdiri dari dua warga negara asing (WNA) dan tujuh WNI.
     
Dua WNA tersebut adalah Andrew Stuart Cobhan yang merupakan warga negara Kanada dan Max Boon, warga negara Belanda. Sedangkan tujuh korban lain merupakan WNI yakni, Giovanni ME. Suhardi, I Gusti Agung Ray, Marico Asmarawati, Oki Utomo, Sudargo, Yurike Martiningrum dan Yusuf Purnomo.
     
Sebelumnya, RS MMC merawat 36 korban ledakan bom di Hotel JW Marriott dan Ritz-Charlton Jakarta yang 19 orang diantaranya telah diizinkan pulang.
     
Dari jumlah korban yang diizinkan pulang itu, 14 orang diantaranya adalah WNI yakni, Catur Rindu, I Gusti Ayu Darsi, Janter Rusmanto, Linda, Meliana, Noke Kiroyan, Putra, Regi Alstad, Rinaldi Damanik, Sarah, William, Yunita Kartika Sari, Melisa dan Yoga Purwanto.
     
Adapun WNA yang diizinkan pulang adalah Hui Bosco Keung (Hongkong), James Castle (AS), Shweta Sukhita (India), seorang WNA yang belum diketahui kewarganegaraanya, Jame Makebba dan Cho Ing Sang yang baru pulang.
     
Sedangkan delapan pasien lagi telah dipindahkan ke rumah sakit lain, yaitu dua WNI, yakni Adrianto yang dikirim RS Medistra Jakarta dan Dadang Hidayat ke RS Pusat Pertamina (RSPP).
     
Serta enam orang lain yang terdiri dari WNA yakni adalah Cindy Edward (AS), Gary Ford (AS), Kevin More (AS), Peter Van Wesel (Belanda), Scott Mirilles (Australia) dan Simon Pevral Lowes (AS) yang keseluruhannya dikirim ke RS di Singapura.
     
Sebelumnya, pada Jumat (17/7) sekitar pukul 07.47 WIB terjadi ledakan bom yang pertama terjadi di Hotel JW Marriott, kemudian disusul di Hotel Ritz-Carlton Jakarta.
     
Informasi terakhir yang didapatkan, terdapat sembilan korban tewas dan 53 orang luka-luka yang terdiri dari warga negara Indonesia (WNI) dan warga negara asing (WNA).
     
Para korban ledakan bom itu dibawa ke sejumlah rumah sakit antara lain RS Jakarta, RS Metropolitan Medical Center (MMC), dan RS Medistra dan RS Kramat Jati.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com