Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kim Jong Il Masih Terlihat Sehat

Kompas.com - 15/07/2009, 17:58 WIB

SEOUL, KOMPAS.com-Korea utara merilis foto-foto Kim Jong Il yang sedang berkeliling pabrik menyusul laporan bahwa pemimpin berusia 67 tahun ini terkena kanker pankreas dan hanya akan bertahan hidup kurang lima tahun lagi.

Memakai kacamata hitam dan kemeja berkerah pendek, Kim seolah ingin pamer bahwa dia sehat dalam foto yang dirilis, Selasa (14/7) malam.

Ia terlihat kurus tapi relatif tidak berbeda dengan foto-foto sebelumnya. Kim menjadi semakin lemah belakangan ini karena dikabarkan menderita stroke pada musim panas lalu.

Dalam beberapa gambar, yang disiarkan Televisi Korea Utara dan Kantor Berita Pusat Korea (KCNA), Kim terlihat berkeliling pabrik keramik yang baru dibangun sambil tersenyum lebar. Foto ini tidak memiliki tanggal, tapi KCNA telah mengirimkan laporan tertulis tentang perjalanan Kim pada hari Senin tanpa memberikan tanggal kunjungan tersebut.

Walaupun begitu, pada beberapa foto lain, menunjukkan Kim sedang duduk di kursi sambil dipayungi oleh prajurit agar terhindar dari terik matahari ketika memantau pengarahan lapangan oleh para petugas pabrik. Gambar semacam ini biasanya sangatlah jarang dan bisa menandakan kesehatannya munngkin sedang tidak baik, demikian dilaporkan kantor berita Yonhap.

Tapi juru bicara Kementerian Unifikasi Korsel, Chun Hae-sung mengatakan, Rabu (15/7), bahwa itu bukan pertama kalinya Korea Utara merilis foto-foto Kim sedang duduk di kursi ketika mengadakan kunjungan lapangan. "Hanya dengan melihat foto-foto kemarin, sulit untuk menentukan kesehatan Kim," ungkap Chun Hae-sung.

Kesehatan Kim menjadi pusat spekulasi media karena dia berkuasa mutlak dan beberapa analis memperkirakan akan terjadi perebutan kekuasaan jika Kim meninggal tanpa menunjuk penerusnya.

Senin lalu, televisi Korsel, YTN mengatakan bahwa Kim didiagnosa menderita kanker pankreas di saat yang hampir bersamaan ketika dia dilaporkan terserang stroke Agustus tahun lalu. YTN mengutip agen intelijen di Korea Selatan dan China yang dirahasiakan identitasnya.

Para analis, bagaimanapun juga, ragu, dan mengatakan bahwa meningkatnya kemunculan Kim di publik belakangan ini menandakan kecilnya kemungkinan Kim menderita kanker. Kunjungan terakhir Kim ke pabrik keramik ini membuat jumlah total kunjungan sejenis menjadi 82 kali, dibandingkan dengan 57 kunjungan yang dia lakukan pada periode yang sama tahun lalu. Demikian menurut Kementerian Unifikasi.

Minggu lalu, Kim tampil di televisi, sesuatu yang jarang dilakukan Kim. Cuplikan video menunjukkan Kim terlihat lebih kurus dengan rambut makin menipis. Kim juga terlihat sedikit pincang, dan sebelah sisi bibirnya terlihat tidak rata, yang dipercaya sebagai efek dari stroke yang dideritanya.

Gambar ini menimbulkan spekulasi bahwa Kim--yang diduga telah lama menderita diabetes dan gangguan jantung-- juga memiliki masalah kesehatan lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com