Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korut Lumpuhkan AS dan Korsel dengan Serangan Cyber

Kompas.com - 08/07/2009, 23:26 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Beberapa pejabat intelijen Korea Selatan yakin Korea Utara dan segenap pendukung Pyongyang telah melancarkan serangan melalui jaringan dunia maya sehingga melumpuhkan situs terkemuka pemerintahan AS dan Korea Selatan. Situs 11 organisasi Korea Selatan, termasuk Istana Kepresidenan Blue House dan Departemen Pertahanan tidak berfungsi serta memiliki masalah akses, Selasa (7/7).

Menurut juru bicara Badan Keamanan Informasi Korea, Ahn Jeong-eun, 11 situs di AS mengalami masalah serupa. Ahn Jeong-eun menerangkan pihak kepolisian dan kejaksaan Korsel tengah menggelar investigasi terhadap kasus ini.

Di AS, situs Departemen Keuangan, Pasukan Pengamanan Pejabat AS (Secret Service), Komisi Perdagangan Federal dan Departemen Perhubungan tidak berfungsi sejak liburan akhir pekan Hari Kemerdekaan AS pada 4 Juli hingga pekan ini. Serangan cyber terhadap situs AS itu terbilang rumit dan berlangsung lama.

Kantor berita Korea Selatan, Yonhap, menjelaskan pejabat intelijen militer Seoul sedang mempertimbangkan kemungkinan apakah serangan itu dilakukan oleh hacker Korea Utara maupun simpatisannya di Korea Selatan. Departemen Pertahanan Seoul belum dapat memastikan laporan ini.

Badan Intelijen Nasional Korea Selatan (NIS) juga menolak memastikan informasi tersebut. Rabu (8/7) pagi, NIS menjelaskan 12.000 komputer di Korea Selatan dan 8.000 komputer di luar negeri telah terserang virus akibat serangan cyber ini. 

Laporan media Korea Selatan pada Mei menyebutkan Korea Utara menggencarkan serangan dengan mencoba menyusup ke jaringan situs militer AS dan Korea Utara guna mengacaukan data serta mencuri informasi rahasia.

Hasil investigasi awal di Korea Selatan menunjukkan banyak komputer pribadi atau PC terserang program virus yang memerintahkan pemakainya agar mengunjungi situs resmi terkemuka di Korea Selatan dan AS pada saat yang sama. Belum ada laporan mengenai serangan cyber serupa di wilayah Asia lainnya.

Yonhap melaporkan pihak kejaksaan Soul menemukan bukti bahwa serangan cyber ini dilancarkan ke situs Korea Selatan dari luar negeri. Serangan cyber ini dilaporkan menggunakan metode yang umumnya digunakan oleh hacker dari China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com