SBY-Boediono Menang di Banyumas

Kompas.com - 08/07/2009, 21:45 WIB
Editor

BANYUMAS, KOMPAS.com - Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono meraih 442.527 suara atau 50 persen dari surat suara sah dalam pemungutan suara pemilu presiden dan wakil presiden di Kabupaten Banyumas. Pasangan nomor urut dua ini mengungguli pasangan Megawati-Prabowo yang menduduki tempat kedua dengan perolehan suara 365.530 atau 42 persen, dan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto 68.277 suara atau delapan persen.

Demikian hasil penghitungan suara cepat yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu Banyumas higga pukul 21.15 Rabu (8/7) malam. Perolehan suara tersebut didapat dari laporan masing petugas pengawas di tingkat desa dan kecamatan.

"Masing-masing pengawas lapangan menyampaikan perkembangan perolehan suara sejak penghitungan di tingkat TPS dimulai sehingga kami dapat merekap seluruh hasil penghitungan suara di semua kecamatan secara cepat," ujar anggota Panwaslu Banyumas, Gunawan.

Kabupaten Banyumas selama ini dikenal sebagai basis pendukung Megawati. Pada pemilu legislatif lalu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meraih 26 persen suara, jauh mengungguli Partai Demokrat yang sebanyak 16 persen.

Total surat suara sah di Banyumas mencapai 876.334, sedangkan surat suara tidak sah sebanyak 1.593. Namun, untuk surat suara tak sah masih belum keseluruhan karena menunggu hasil rekap dua kecamatan tersisa.

Dia menambahkan, jumlah pemilih yang menggunakan kartu tanda penduduk tercatat sebanyak 369 orang. Mereka kebanyakan adalah yang belum tercatat di daftar pemilih tetap (DPT).

Secara terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Banyumas, Aan Rohaeni mengungkapkan, KPU Banyumas tak melakukan penghitungan cepat. Rekapitulasi suara di KPU Banyumas baru akan dilaksanakan tanggal 16 Juli mendatang. "Kami melakukan penghitungan secara manual. Saat ini tahapnya masih di panitia pemilihan desa dan kecamatan," kata Aan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.