Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

SBY-Boediono Menang di Banyumas

Kompas.com - 08/07/2009, 21:45 WIB

BANYUMAS, KOMPAS.com - Pasangan Susilo Bambang Yudhoyono-Boediono meraih 442.527 suara atau 50 persen dari surat suara sah dalam pemungutan suara pemilu presiden dan wakil presiden di Kabupaten Banyumas. Pasangan nomor urut dua ini mengungguli pasangan Megawati-Prabowo yang menduduki tempat kedua dengan perolehan suara 365.530 atau 42 persen, dan pasangan Jusuf Kalla-Wiranto 68.277 suara atau delapan persen.

Demikian hasil penghitungan suara cepat yang dilakukan Panitia Pengawas Pemilu Banyumas higga pukul 21.15 Rabu (8/7) malam. Perolehan suara tersebut didapat dari laporan masing petugas pengawas di tingkat desa dan kecamatan.

"Masing-masing pengawas lapangan menyampaikan perkembangan perolehan suara sejak penghitungan di tingkat TPS dimulai sehingga kami dapat merekap seluruh hasil penghitungan suara di semua kecamatan secara cepat," ujar anggota Panwaslu Banyumas, Gunawan.

Kabupaten Banyumas selama ini dikenal sebagai basis pendukung Megawati. Pada pemilu legislatif lalu, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan meraih 26 persen suara, jauh mengungguli Partai Demokrat yang sebanyak 16 persen.

Total surat suara sah di Banyumas mencapai 876.334, sedangkan surat suara tidak sah sebanyak 1.593. Namun, untuk surat suara tak sah masih belum keseluruhan karena menunggu hasil rekap dua kecamatan tersisa.

Dia menambahkan, jumlah pemilih yang menggunakan kartu tanda penduduk tercatat sebanyak 369 orang. Mereka kebanyakan adalah yang belum tercatat di daftar pemilih tetap (DPT).

Secara terpisah, Ketua Komisi Pemilihan Umum Banyumas, Aan Rohaeni mengungkapkan, KPU Banyumas tak melakukan penghitungan cepat. Rekapitulasi suara di KPU Banyumas baru akan dilaksanakan tanggal 16 Juli mendatang. "Kami melakukan penghitungan secara manual. Saat ini tahapnya masih di panitia pemilihan desa dan kecamatan," kata Aan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com