Obama Tunda Rilis Laporan Pelanggaran CIA

Kompas.com - 03/07/2009, 09:42 WIB
Editor

WASHINGTON, KOMPAS.com — Pemerintahan Barack Obama menunda hingga dua bulan untuk meninjau laporan internal CIA mengenai program interogasi dan penahanan yang dijalankan oleh badan intelijen AS itu sebelum merilisnya kepada publik. Departemen Kehakiman AS semula berencana merilis laporan ini pada Juni sebagai bagian dari upaya gugatan.

Namun, beberapa pejabat Departemen Kehakiman AS menjelaskan membutuhkan waktu hingga akhir Agustus untuk meninjau laporan itu. Laporan yang disusun oleh Inspektur Jenderal CIA ini mempertanyakan efektivitas metode interogasi dengan kekerasan, seperti menenggelamkan tersangka teroris, yang digunakan pelaku interogasi CIA selama pemerintahan George W Bush.

Juru Bicara Departemen Kehakiman AS Tracy Schmaler menjelaskan, laporan itu berisi informasi yang tumpah tindih dengan dokumen CIA lainnya yang juga perlu ditinjau dan dirilis bersamaan dengan tenggat waktu pengadilan pada 31 Agustus.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.