Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mousavi: Rakyat Berhak Protes Kebohongan

Kompas.com - 22/06/2009, 12:23 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Pemimpin oposisi Iran, Mir Hossein Mousavi, mengatakan, rakyat memiliki hak untuk memprotes kebohongan dan kecurangan. "Saya sebagai salah seorang yang berkabung (karena pembunuhan Sabtu kemarin) meminta rakyat yang terhormat untuk melakukan pengekangan diri. Negara ini milik kalian," kata Mousavi dalam laman surat kabar online Kalameh.
    
"Revolusi adalah warisan kalian. Memprotes kebohongan dan kecurangan adalah hak kalian. Berharaplah bahwa kalian akan memperoleh hak kalian dan tidak membiarkan orang lain yang ingin memancing kemarahan... untuk menang," katanya.
    
Ia membuat pernyataannya segera sesudah televisi nasional melaporkan bahwa sedikitnya 10 orang telah tewas pada Sabtu (20/6) di tengah unjuk rasa jalanan terhadap hasil pemilihan presiden, 12 Juni, yang diumumkan. Mousavi, yang menurut hasil resmi tertinggal 11 juta suara di belakang presiden yang berkuasa, menambahkan, "Dalam protes kalian tetaplah mengendalikan diri dari kekerasan."

Ia juga meminta polisi dan militer tidak menggunakan kekerasan karena akan menimbulkan kerusakan hubungan yang sulit diperbaiki dengan rakyat biasa. "Menahan informasi mengenai nama dan alamat orang yang tewas dan terluka dari keluarga mereka serta membiarkan mereka khawatir tidak akan membantu memulihkan ketenangan dan hanya akan membiarkan perasaan terluka," kata Mousavi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com