Ayatollah Khamenei Memecah Kebisuan

Kompas.com - 19/06/2009, 10:59 WIB
Editor

TEHERAN,KOMPAS.com-Pemimpin tertinggi Iran Ayatollah Khamenei akan berpidato pertama kali, memecah kebisuan sejak demo besar-besaran menentang hasil pemilu presiden di Teheran.
 
Khamenei, yang mendukung terpilihnya kembali Presiden Mahmoud Ahmadinejad dijadwalkan berkhutbah di depan jemaah shalat Jumat (19/7).

Pemerintah telah menyediakan bus gratis dan meminta warga mendengarkan khutbah Khamenei. Pidato Khamenei itu menyusul demo besar-besaran yang dilakukan para pendukung capres kalah Mir Hossein Mousavi dalam beberapa hari terakhir. Kubu Mousavi menuding terjadi kecurangan dalam pemilu.

Khamenei akan berkhutbah di Universitas Teheran, tempat terjadinya baku hantam antara polisi dan mahasiswa pendukung Mousavi. Berdasarkan konstitusi, pemimpin tertinggi mempunyai kekuasaan tak terbatas untuk menjalankan roda pemerintahan dan mengukuhkan kebijakan negara.

Ratusan ribu orang pendukung Mousavi turun ke jalan selama pekan ini. Ini adalah aksi demo terbesar dalam 30 tahun terakhir, menewaskan delapan orang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.