Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Militer Temukan Kapal Selam Macan Tamil

Kompas.com - 16/06/2009, 04:22 WIB

KOLOMBO, KOMPAS.com - Tentara Sri Lanka telah menemukan kapal selam pertama yang dipercaya digunakan pemberontak Macan Tamil yang telah dikalahkan, militer mengatakan, Senin (15/6).
   
Tentara menemukan kapal selam 24 kaki (7,2 meter) itu di pantai distrik Mullaittivu di Sri Lanka timur laut tempat Macan Pembebasan Tamil Eelam (LTTE) dikalahkan bulan lalu, yang mengakhiri beberapa dasawarsa konflik etnik.
   
"Kapal itu menurut laporan telah digunakan oleh LTTE, sebagian besar mungkin oleh kader-kader senior mereka, untuk gerakan-gerakan tersembunyi di laut sebelum LTTE disapu bersih," kata militer dalam satu pernyataan.
   
Pernyataan itu mengatakan beberapa kapal selam Macan Tamil yang lain sebelumnya telah ditemukan, tapi perlengkapan yang terakhir itu tampaknya adalah yang pertama yang benar-benar telah digunakan.
   
Tentara juga telah menggali hasil tangkapan senjata dan amunisi yang ditemukan sejak Macan Tamil kalah, kementerian pertahanan mengatakan, Minggu.
   
Ratusan senapan serbu otomatis, bom mortir dan ranjau darat telah ditemukan dalam dua hari pencarian di bagian utara pulau itu.
   
Operasi pembersihan sedang berlangsung di daerah tempat pemimpin Macan Tamil Velupillai Prabbakaran tewas bulan lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com