Ragam Komentar atas Kemenangan Ahmadinejad

Kompas.com - 14/06/2009, 16:41 WIB
Editor

PARIS,KOMPAS.com-Negara-negara besar Barat termasuk Inggris dan AS menanggapi dengan hati-hati atas kemenangan Mahmoud Ahmadinejad dalam pemilihan presiden di Iran.

Menlu AS Hillary Clinton menyampaikan harapan hasil Pilpres itu akan mencerminkan keinginan pemilih.

"AS menahan diri untuk tidak mengomentari mengenai pemilihan di Iran. Kami dengan jelas mengharapkan bahwa hasilnya mencerminkan kehendak dan keinginan sejati rakyat Iran," kata Hillary seperti dilaporkan AFP.

Hillary mengemukakan hal itu seiring terjadinya demonstrasi yang dilakukan ribuan pendukung mantan perdana menteri Mir Hossein Mousavi  yang merupakan lawan utama Ahmadinejad. "AS mengawasi situasi yang berkembang di Iran," kata Hillary, menyusul tuduhan adanya ketidakberesan pemilihan tersebut.

Menlu Kanada Lawrence Cannon mengatakan Kanada sangat prihatin dengan laporan bahwa pemilihan itu tidak bebas dan adil. "Kami terganggu oleh laporan intimidasi, dari kantor calon oposisi, dari (tindakan) pasukan keamanan," katanya.

Kementerian Luar Negeri Perancis mengatakan mereka memperhatikan terpilihnya kembali (Ahmadinejad) dan juga "hasil Pemilu yang dipertengkarkan".

William Hague, jurubicara urusan luar negeri kubu oposisi utama  Inggris  mengatakan hasil itu merupakan "pukulan pada semua rakyat Iran yang mengharapkan perubahan dalam kepemimpinan, pembaruan di negara mereka dan hubungan yang lebih baik dengan dunia luar".

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia mengatakan dirinya "secara khusus prihatin karena laporan-laporan bahwa hasil itu dicurangi...Jika ini benar-benar kasusnya, maka itu tanda tidak baik bagi harapan bahwa Iran siap untuk mengikuti jalan pembicaraan ketimbang penentangan dalam masalah program nuklirnya".

Di Moskow, ketua Komisi Urusan Internasional Duma (parlemen) Konstantin Kosachev mengatakan ia mengharapkan Ahamdinejad akan "menunjukkan lebih pengertian dan bijak terhadap masyarakat internasional pada masa jabatan keduanya".

Danny Ayalon, wakil menlu Israel berkomentar "hasil pemilihan itu menunjukkan, ancaman Iran akan semakin kuat." "Masyarakat internasional harus menghentkan program nuklir dan terorisme yang datang dari Iran," kata Ayalon.

Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.