Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pendukung Ahmadinejad dan Mousavi Baku Hantam

Kompas.com - 13/06/2009, 19:56 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Ratusan pendukung Presiden Mahmoud Ahmadinejad dan penantangnya yang moderat, Mir Hossein Mousavi, bentrok di Teheran pada Sabtu (13/6), setelah pengumuman kemenangan besar Ahmadinejad dalam pemilihan presiden Iran, kata seorang saksi mata.
   
Polisi dengan menggunakan tongkat bergerak dalam upaya membubarkan pengunjuk rasa yang melancarkan aksi duduk guna memprotes kemenangan Ahmadinejad. Polisi memburu dan menangkap sejumlah pemrotes. 
   
Saksi mata itu melihat dua pria sedang dibawa dari tempat bentrokan di lapangan Vanak di ibukota Iran, Teheran. Beberapa orang terlibat baku-hantam.
   
Kerusuhan tersebut terjadi saat Menteri Dalam Negeri Iran mengumumkan bahwa Ahmadinejad telah menang dalam pemilihan umum Jumat, dengan meraih 62,6 persen suara dalam pemilihan presiden yang telah dikecam oleh Mousavi karena terjadi banyak pelanggaran.
   
Sebanyak 20.000 pendukung Mousavi kemudian melancarkan aksi duduk di tengah jalan, sambil bertepuk tangan dan berteriak, "Mousavi ambil kembali suara kami! Apa yang terjadi dengan suara kami?"
   
Mereka juga berteriak ke arah pasukan keamanan, "Polisi, saudara, Anda adalah bagian dari kami."
   
Puluhan personil polisi anti-huru-hara berdiri di dekat pengunjuk rasa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com