Pendukung Ahmadinejad dan Mousavi Baku Hantam

Kompas.com - 13/06/2009, 19:56 WIB
Editor

TEHERAN, KOMPAS.com - Ratusan pendukung Presiden Mahmoud Ahmadinejad dan penantangnya yang moderat, Mir Hossein Mousavi, bentrok di Teheran pada Sabtu (13/6), setelah pengumuman kemenangan besar Ahmadinejad dalam pemilihan presiden Iran, kata seorang saksi mata.
   
Polisi dengan menggunakan tongkat bergerak dalam upaya membubarkan pengunjuk rasa yang melancarkan aksi duduk guna memprotes kemenangan Ahmadinejad. Polisi memburu dan menangkap sejumlah pemrotes. 
   
Saksi mata itu melihat dua pria sedang dibawa dari tempat bentrokan di lapangan Vanak di ibukota Iran, Teheran. Beberapa orang terlibat baku-hantam.
   
Kerusuhan tersebut terjadi saat Menteri Dalam Negeri Iran mengumumkan bahwa Ahmadinejad telah menang dalam pemilihan umum Jumat, dengan meraih 62,6 persen suara dalam pemilihan presiden yang telah dikecam oleh Mousavi karena terjadi banyak pelanggaran.
   
Sebanyak 20.000 pendukung Mousavi kemudian melancarkan aksi duduk di tengah jalan, sambil bertepuk tangan dan berteriak, "Mousavi ambil kembali suara kami! Apa yang terjadi dengan suara kami?"
   
Mereka juga berteriak ke arah pasukan keamanan, "Polisi, saudara, Anda adalah bagian dari kami."
   
Puluhan personil polisi anti-huru-hara berdiri di dekat pengunjuk rasa.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.