Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad Menang Mutlak Satu Putaran

Kompas.com - 13/06/2009, 18:57 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com -Mahmoud Ahmadinejad terpilih lagi sebagai presiden Iran dengan kemenangan mutlak dalam pilpres, Jumat (12/6).

Menurut Komisi Pemilihan Umum Iran, Sabtu (13/6), tokoh garis keras itu meraih 63 persen suara di sebagian besar daerah pemilihan di seluruh Iran sehingga tidak perlu dilakukan putaran kedua.  Menurut undang-undang pemilu di Iran, putaran kedua baru dilaksanakan jika tidak ada capres yang meraih 50 persen lebih suara di putaran pertama.

Ketua KPU, Kamran Daneshjoo mengatakan kepada stasiun televisi bahwa Ahmadinejad memperoleh hampir 21,8 juta suara atau 63,36 persen dari hampir 34,4 juta suara sah yang diberikan di 346 dari 366 wilayah pemilihan di seluruh negeri itu.

Ia mengatakan pesaing terdekat Ahmadinejad, mantan Perdana Menteri Mir Hossein Mousavi yang lebih moderat mengumpulkan 11,7 juta suara atau 34,07 persen.

Di tempat ketiga, yang terpaut cukup jauh, adalah mantan pemimpin Pengawal Revolusi Mohsen Rezai Mehdi Karroubi, yang memperoleh hampir 290.000 suara atau 0,87 persen.

Ahmadinejad menang di daerah luar kota, dengan mencatat 33 persen suara, dan di kota-kota kecil dan sedang (34 persen). "Di kota-kota besar dan di Teheran, di beberapa bagian Mousavi menang dan di beberapa bagian Ahmadinejad (yang menang)," ujar Daneshjoo.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com