Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Korban Air France Akhirnya Ditemukan

Kompas.com - 07/06/2009, 06:30 WIB

RECIFE, KOMPAS.com — Dua jenazah dan sebuah koper ditemukan di Samudera Atlantik, lokasi jatuhnya pesawat Air France dengan nomor penerbangan 447. Koper berisi tiket penerbangan Air France ini merupakan bukti puing pertama yang telah dipastikan milik pesawat tersebut.

Dua jenazah dari 2 penumpang pria itu ditemukan Sabtu (6/6) pagi waktu setempat sekitar 70 kilometer selatan dari wilayah terakhir kali pesawat Air France mengirimkan sinyal. Sinyal terakhir menunjukkan, pesawat itu berada sekitar 640 kilometer timur laut kepulauan Fernando de Noronha, lepas pantai utara Brasil.  

Juru bicara Angkatan Udara Brasil Kolonel Jorge Amaral menjelaskan, sebuah tiket Air France ditemukan di dalam koper kulit itu. "Sudah dipastikan oleh Air France bahwa nomor tiket itu sesuai dengan data penumpang pesawat yang hilang," kata Amaral.

Kedua jenazah telah diangkut menuju kepulauan Fernando de Noronha untuk diidentifikasi. Sebuah tas punggung berisi sebuah laptop dan sebuah kartu vaksinasi juga ditemukan.

Penemuan itu berpotensi memberikan petunjuk lebih tepat untuk melacak kotak hitam yang diharapkan dapat membongkar misteri di balik kecelakaan tersebut.

Beberapa penyidik telah menyisiri sebuah lokasi seluas hingga beberapa kilometer persegi untuk melacak puing-puing pesawat Air France yang hilang itu.

Sebuah kursi pesawat dengan nomor seri sebelumnya telah ditemukan oleh penyidik. Namun, penyidik masih memastikan apakah kursi itu milik pesawat Airbus 330-200 Air France.

Badan penyidik kecelakaan transportasi Perancis, BEA, menjelaskan, instrumen penunjuk kecepatan udara tidak diganti seperti direkomendasikan oleh produsennya sebelum pesawat itu hilang di dalam cuaca bertubulensi saat mengangkut 228 orang dari Rio de Janeiro menuju Paris hampir sepekan lalu. BEA mengaku telah menerima data kecepatan udara yang tidak konsisten dari beberapa instrumen saat pesawat itu menembus badai petir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com