Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Perancis, Obama Peringati D-Day

Kompas.com - 06/06/2009, 09:37 WIB

PARIS, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama mendarat Jumat (5/6) malam di Perancis, tempat ia dijadwalkan menghadiri peringatan internasional untuk menandai ulang tahun ke-65 pendaratan D-day Perang Dunia II.
   
Obama tiba naik pesawat Air Force One di Bandara Orly pada pukul 19:13 GMT (Sabtu, pukul 02.30 WIB), setelah mengunjungi sebuah bekas kamp Nazi di Jerman, dan disambut di landasan oleh Menlu Perancis Bernard Kouchner.
   
Ketika Obama melakukan perjalanan ke Paris, ibu negara Michelle Obama dan puteri kecilnya, Malia (10), dan Sasha (7), melakukan kunjungan singkat ke Menara Eiffel, Jumat malam.
   
Presiden dan keluarganya menghabiskan Jumat malam di kedutaan besar AS di Paris, sebelum melakukan perjalanan ke bagian utara Perancis, Sabtu.
   
Pada malam partisipasi Perancis dalam pemilihan parlemen Eropa, Obama akan bergabung dengan Presiden Perancis Nicolas Sarkozy di Caen dan memberikan pidato di pemakaman perang AS di dekat Colleville-sur-mer.
   
Paman-buyut Obama, Charlie Payne, yang berusia 84 tahun dan lemah tapi termasuk di antara pembebas kompleks kamp Buchenwald, yang presiden itu kunjungi di Jerman tengah, direncanakan bergabung dengan kelompok Obama di Normandia.
   
Kunjungan lain dilakukan ke katedral Notre Dame dan pusat Pompidou juga untuk menghadiri jamuan malam bersama dengan Sarkozy dan isterinya Carla Bruni-Sarkozy sebelum kembali ke AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com