Indonesia Menilai Positif Pidato Obama

Kompas.com - 05/06/2009, 12:10 WIB
Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pidato Presiden Amerika Serikat Barack Hussein Obama di Universitas Kairo Mesir dinilai positif oleh Indonesia sebagai upaya meraih simpati masyarakat muslim dunia. "Itu suatu pendekatan positif, ada suatu kosistensi sikap dan ucapan," kata Teuku Faizasyah, juru bicara Departemen Luar Negeri saat jumpa pers di Jakarta, Jumat (5/6).

Indonesia berharap pidato Obama dapat menghilangkan jarak yang selama ini tercipta antara Amerika dan masyarat Islam. Sikap curiga yang selama ini membayangi relasi kedua komunitas diharapkan terkoreksi dengan pidato itu dan lembaran baru hubungan yang lebih konstruktif dapat terbangun.

Dalam pidatonya, Obama juga beberapa kali menyinggung Indonesia, negara muslim terbesar tempat Obama pernah melewati masa kecilnya. Menurut Faizasyah, apa yang dikatakan Obama tentang Indonesia merupakan pengakuan bahwa Indonesia adalah negara yang toleran dan memberikan ruang bagi perempuan untuk berkiprah lebih luas di masyarkat. "Itu pengakuan bahwa Indonesia merupakan negara yang didiami komunitas Islam terbesar, namun di dalam kehidupan bermasyarakat mengedepankan toleransi beragama," ucapnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.