Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Siap Perang Melawan Korut

Kompas.com - 29/05/2009, 08:29 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - AS dan Korea Selatan telah menaikkan status kesiagaan militernya ke tingkat tertinggi setelah Korea Utara melepaskan diri dari gencatan senjata kedua Korea yang dicapai sejak 1953. Status siaga ini juga dinaikkan setelah Pyongyang mengancam akan mengambil tindakan militer terhadap kapal perang AS dan Korsel menyusul diadakannya uji coba rudal dan nuklir oleh rezim komunis tersebut.

Menteri Pertahanan AS Robert Gates mengakui perkembangan situasi di Korea mengkhawatirkan. Namun, Robert Gates menjelaskan situasi tersebut belum mencapai tahap krisis yang memerlukan penambahan pasukan dari sekitar 28.000 tentara AS yang telah ditempatkan di Korea.

"Saya rasa pemerintah Barack Obama belum mengategorikan masalah ini sebagai krisis. Aksi militer apapun perlu diputuskan berdasarkan kesepakatan internasional," kata Gates saat menumpangi pesawat militer, Kamis (28/5) malam waktu Washington atau Jumat (29/5) pagi WIB.

Sementara pejabat terkemuka Angkatan Darat AS, Jenderal George Casey, menyatakan keyakinannya bahwa AS siap menghadapi pertempuran konvensional melawan Korea Utara apabila diperlukan. Keyakinan Jenderal George Casey itu disampaikannya meskipun pasukan AS terlibat dalam berbagai konflik di wilayah lain.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com