Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Kerahkan Kapal Perang ke Perairan Internasional

Kompas.com - 27/05/2009, 06:40 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com — Iran telah mengirim enam kapal perang ke perairan internasional, termasuk Teluk Aden. Pengerahan kapal perang berlangsung hanya beberapa hari setelah negara itu menguji coba sebuah rudal baru yang dapat mencapai beberapa bagian Eropa.
    
"Kami telah mengirim enam kapal perang ke perairan internasional dan Teluk Aden," kata Komandan Angkatan Laut Habibollah Sayari seperti dikutip harian Jomhori Eslami. "Misi ini menunjukkan kemampuan kami yang meningkat dalam menghadapi ancaman asing," lanjutnya.  Surat kabar itu mengatakan, kapal-kapal perang tersebut dikirim untuk menghadapi serangan potensial terhadap kapal dagang dan tanker minyak Iran oleh perompak di lepas pantai Somalia.
    
Iran, penghasil minyak terbesar keempat di dunia, mengandalkan tanker-tanker untuk mengirim minyak mentah ke pelanggan melalui Teluk dan Selat Hormuz, lintas perairan sekitar 40 persen dari pasokan minyak dunia dikapalkan. Pada masa lalu, Iran telah memperingatkan bahwa negara itu dapat merintangi selat tersebut jika negara itu diserang karena ambisi nuklirnya yang kontroversial.
    
Beberapa pejabat Iran mengatakan pada 14 Mei bahwa republik Islam itu telah mengirim dua kapal perang ke Teluk Aden, tapi tidak jelas apakah kapal-kapal itu termasuk keenam kapal yang diumumkan oleh Sayari. Pengumumannya itu disampaikan tidak lama seusai uji coba tembakan rudal Iran yang disebut Sejil-2 dengan jarak hingga 2.000 km.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com