Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Spanyol Invasi Perairan Inggris

Kompas.com - 25/05/2009, 08:27 WIB

LONDON, KOMPAS.com — Angkatan Laut Inggris telah memaksa kapal-kapal bersenjata Spanyol untuk keluar dari wilayah perairan Inggris di sekitar Gibraltar. Kapal perang Inggris mendapati beberapa kapal patroli Spanyol memasuki perairan Inggris tanpa izin untuk mengawasi kapal penangkap ikan.

Departemen Luar Negeri Inggris telah menekankan insinden ini sebagai masalah yang sangat serius. Wilayah teritorial Inggris di pantai timur Spanyol selama ini menjadi sumber sengketa di antara kedua negara.

Kedaulatan Inggris terhadap wilayah Rock of Gibraltar selama ini dianggap sebagai pelecehan terhadap kejayaan Spanyol. Kenyataan itu mengemuka meskipun 30.000 penduduk di wilayah tersebut secara penuh menyatakan dukungan terhadap Ratu Elizabeth.

"Ini merupakan pelanggaran kedaulatan Inggris dan kami telah menekankan secara tegas masalah ini kepada Pemerintah Spanyol. Kami harap Spanyol berhenti mengulang aksinya ini," kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri Inggris.

Insiden terbaru itu berlangsung pada 8 Mei, sehari setelah Gibraltar berjanji menentang langkah Uni Eropa untuk menyerahkan tanggung jawab wilayah sekitar Rock ini ke Spanyol. Kepala Kementerian Gibraltar, Peter Caruana, menuduh politisi Spanyol mencoba menyabotase hubungan antarperbatasan itu.

Juru bicara partai oposisi Gibraltar menjelaskan, "Insiden terbaru ini jauh lebih serius dari insiden apa pun yang terjadi sebelumnya. Ini merupakan perlawanan frontal terhadap kedaulatan, yurisdiksi, dan kendali Inggris terhadap laut teritorial Gibraltar."

"Oleh karena itu, Inggris jangan hanya menyampaikan teguran, tetapi juga harus mendapatkan jaminan dari Madrid bahwa masalah ini tak akan terulang kembali," katanya. Belum ada reaksi resmi dari Pemerintah Spanyol terhadap insiden itu.

Insiden ini mengingatkan kembali kisah pertempuran historis antara Sir Francis Drake dan Spanyol yang mengakibatkan tenggelamnya armada negara tersebut pada 1588. Spanyol menolak untuk mengakui Gibraltar memiliki wilayah teritorial karena tidak disebut dalam Traktat Utrecht 1713 yang mengesahkan penyerahan wilayah ini ke Inggris.

Sepekan sebelum berlangsung insinden terbaru, Spanyol menghadirkan polisi paramiliter di perairan Gibraltar. Polisi paramiliter itu kemudian meninggalkan perairan itu dengan hadirnya sebuah kapal patroli Angkatan Laut Inggris.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com