Spanyol Invasi Perairan Inggris

Kompas.com - 25/05/2009, 08:27 WIB
Editor

LONDON, KOMPAS.com — Angkatan Laut Inggris telah memaksa kapal-kapal bersenjata Spanyol untuk keluar dari wilayah perairan Inggris di sekitar Gibraltar. Kapal perang Inggris mendapati beberapa kapal patroli Spanyol memasuki perairan Inggris tanpa izin untuk mengawasi kapal penangkap ikan.

Departemen Luar Negeri Inggris telah menekankan insinden ini sebagai masalah yang sangat serius. Wilayah teritorial Inggris di pantai timur Spanyol selama ini menjadi sumber sengketa di antara kedua negara.

Kedaulatan Inggris terhadap wilayah Rock of Gibraltar selama ini dianggap sebagai pelecehan terhadap kejayaan Spanyol. Kenyataan itu mengemuka meskipun 30.000 penduduk di wilayah tersebut secara penuh menyatakan dukungan terhadap Ratu Elizabeth.

"Ini merupakan pelanggaran kedaulatan Inggris dan kami telah menekankan secara tegas masalah ini kepada Pemerintah Spanyol. Kami harap Spanyol berhenti mengulang aksinya ini," kata seorang juru bicara Departemen Luar Negeri Inggris.

Insiden terbaru itu berlangsung pada 8 Mei, sehari setelah Gibraltar berjanji menentang langkah Uni Eropa untuk menyerahkan tanggung jawab wilayah sekitar Rock ini ke Spanyol. Kepala Kementerian Gibraltar, Peter Caruana, menuduh politisi Spanyol mencoba menyabotase hubungan antarperbatasan itu.

Juru bicara partai oposisi Gibraltar menjelaskan, "Insiden terbaru ini jauh lebih serius dari insiden apa pun yang terjadi sebelumnya. Ini merupakan perlawanan frontal terhadap kedaulatan, yurisdiksi, dan kendali Inggris terhadap laut teritorial Gibraltar."

"Oleh karena itu, Inggris jangan hanya menyampaikan teguran, tetapi juga harus mendapatkan jaminan dari Madrid bahwa masalah ini tak akan terulang kembali," katanya. Belum ada reaksi resmi dari Pemerintah Spanyol terhadap insiden itu.

Insiden ini mengingatkan kembali kisah pertempuran historis antara Sir Francis Drake dan Spanyol yang mengakibatkan tenggelamnya armada negara tersebut pada 1588. Spanyol menolak untuk mengakui Gibraltar memiliki wilayah teritorial karena tidak disebut dalam Traktat Utrecht 1713 yang mengesahkan penyerahan wilayah ini ke Inggris.

Sepekan sebelum berlangsung insinden terbaru, Spanyol menghadirkan polisi paramiliter di perairan Gibraltar. Polisi paramiliter itu kemudian meninggalkan perairan itu dengan hadirnya sebuah kapal patroli Angkatan Laut Inggris.  



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X