Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenazah Marsma Harsono Diberangkatkan ke Klaten

Kompas.com - 21/05/2009, 10:09 WIB

YOGYAKARTA, KOMPAS.com — Jenazah Marsma TNI Harsono (50) dan istri Ny Dathy Wulandari (42),  yang tewas dalam kecelakaan pesawat Hercules C-130 nomor A 1325 milik TNI AU, diberangkatkan ke Klaten, Jawa Tengah, Kamis pukul 08.30 untuk dimakamkan di pemakaman keluarga.

Jenazah suami-istri itu dilepas dari rumah duka di jalan Kaliurang Km 10 Dusun Nglaban, Sinduharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta, dengan upacara militer yang dipimpin Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Hari Muljono.

Kedua jenazah diberangkatkan dari rumah duka di Sleman menuju Klaten menggunakan dua mobil ambulans TNI AU diiringi sejumlah kendaraan lainnya. Rencananya jenazah Marsma TNI Harsono dan istri Ny Dathy Wulandari dimakamkan di pemakaman keluarga di Karangnongko, Gondang, Klaten, Jawa Tengah.

Pemberangkatan jenazah diiringi isak tangis dari orangtua, anak, kerabat dan teman sejawat almarhum. Danlanud Adisutjipto Yogyakarta Marsma TNI Hari Muljono dalam sambutannya mengatakan, secara lahiriah kepergian almarhum untuk kembali ke haribaan Tuhan merupakan kehilangan bagi semua.

"Namun sebagai insan yang beriman, kita meyakini kuasa dan kehendak Tuhan bahwa peristiwa itu harus diterima dengan penuh keimanan, ketabahan, dan keikhlasan," katanya.

Ia berharap, keluarga yang ditinggalkan diberi bimbingan kekuatan iman dan keteguhan hati oleh Tuhan untuk menerima kenyataan itu serta dapat melanjutkan perjuangan dan cita-cita almarhum.

Hadir dalam upacara pemberangkatan jenazah dari rumah duka antara lain Panglima Komando Pertahanan Udara Nasional TNI, Marsekal Muda TNI Drajat Raharjo, Gubernur AAU Marsekal Muda TNI TB Silaen, serta sejumlah pejabat di lingkungan TNI AU, TNI AD, TNI AL, dan Polri.

Marsma TNI Harsono dan istri Ny Dathy Wulandari merupakan dua korban tewas dalam kecelakaan pesawat Hercules TNI AU di desa Geplak, Kecamatan Karas, Kabuaten Magetan, Jawa Timur, Rabu (20/5).

Pesawat Hercules itu berangkat dari Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta, menuju Lanud Iswahyudi, Madiun. Pesawat milik TNI AU itu diperkirakan mengangkut 98 penumpang dan 14 awak pesawat yang dipiloti Mayor Danu dan copilot Kapten Younan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com