Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perang Sri Lanka Tewaskan Seratus Ribuan Orang

Kompas.com - 20/05/2009, 22:42 WIB

GENEVA, KOMPAS.com - Sekitar 100.000 orang tewas dalam  perang saudara hampir tiga dasawarsa antara pemerintah dan etnik Tamil, kata PBB, Rabu (20/5). "Kami memperkirakan  antara 80.000 sampai 100.000 orang tewas dalam konflik sekitar 27 tahun itu," kata Elisabeth  Byrs , juru bicara  kantor koordinasi kemanusiaan PBB.
    
Pemerintah Sri Lanka , Senin mengumumkan diakhirinya konflik puluhan tahunnya dengan Macan Tamil , setelah pasukannya merebut daerah pemberontak terakhir , yang melumpuhkan kepemimpinan pemberontak.
     
Sementara itu dari Paris diberitakan organisasi kemanusiaan MSF (Dokter Tanpa Perbatasan), Rabu membuka sebuah rumah sakit lapangan yang berkapasitas 100 tempat tidur di Sri Lanka utara  untuk membantu merawat mereka yang cedera dalam pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak Macan Tamil.
     
Fasilitas dekat  Vavuniya  itu akan membantu rumah sakit lokal menangani arus korban cedera dari zona perang , kata badan itu.
     
Sekitar 1.000 orang dirawat di Rumah Sakit Vavuniya  yang hanya memiliki 250 tempat tidur.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com