Perang Sri Lanka Tewaskan Seratus Ribuan Orang

Kompas.com - 20/05/2009, 22:42 WIB
Editor

GENEVA, KOMPAS.com - Sekitar 100.000 orang tewas dalam  perang saudara hampir tiga dasawarsa antara pemerintah dan etnik Tamil, kata PBB, Rabu (20/5). "Kami memperkirakan  antara 80.000 sampai 100.000 orang tewas dalam konflik sekitar 27 tahun itu," kata Elisabeth  Byrs , juru bicara  kantor koordinasi kemanusiaan PBB.
    
Pemerintah Sri Lanka , Senin mengumumkan diakhirinya konflik puluhan tahunnya dengan Macan Tamil , setelah pasukannya merebut daerah pemberontak terakhir , yang melumpuhkan kepemimpinan pemberontak.
     
Sementara itu dari Paris diberitakan organisasi kemanusiaan MSF (Dokter Tanpa Perbatasan), Rabu membuka sebuah rumah sakit lapangan yang berkapasitas 100 tempat tidur di Sri Lanka utara  untuk membantu merawat mereka yang cedera dalam pertempuran antara pasukan pemerintah dan pemberontak Macan Tamil.
     
Fasilitas dekat  Vavuniya  itu akan membantu rumah sakit lokal menangani arus korban cedera dari zona perang , kata badan itu.
     
Sekitar 1.000 orang dirawat di Rumah Sakit Vavuniya  yang hanya memiliki 250 tempat tidur.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.