Khamenei Tuduh AS Latih Teroris di Kurdi

Kompas.com - 20/05/2009, 09:57 WIB
Editor

TEHERAN, KOMPAS.com — Pemimpin tertinggi Iran, Ayatullah Ali Khamenei, Selasa (19/5), menuduh AS telah melatih teroris di wilayah Kurdi yang berdekatan dengan Irak.

"Di balik perbatasan barat kita, AS sedang melatih para teroris. Mereka (AS) telah mengeluarkan uang dan membagi-bagikan senjata untuk digunakan melawan Republik Islam Iran," katanya dalam pidato di Provinsi Kurdistan di Iran barat yang disiarkan televisi.

"Orang-orang Amerika itu memiliki rencana berbahaya bagi Kurdistan (Irak). Rencana mereka tidak ditujukan untuk membela orang Kurdi, tapi mereka ingin menguasai mereka (orang Kurdi). Teman-teman Kurdi kita di sisi lain perbatasan mengatakan kepada kami bahwa para pejabat AS telah membayar para pemuda Kurdi di bukit Qandil sebagai pertukaran bagi informasi (yang mereka berikan)," katanya.

Wilayah perbatasan dengan Irak sering menyaksikan bentrokan mematikan antara pasukan bersenjata Iran dan separatis Kurdi. Iran sejak lama memerangi Partai Hidup Bebas Kurdi (PJAK), kelompok separatis Kurdi Iran, yang telah melancarkan serangan terhadap Iran di gunung Kurdi di Irak utara.
Kelompok itu bersekutu dekat dengan Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang telah melancarkan serangan yang sama terhadap Turki.

Pada 4 Februari, Departemen Keuangan AS memasukkan PJAK sebagai kelompok teroris, sementara PKK juga telah didaftar hitam sebagai kelompok teror oleh Uni Eropa dan AS. PKK mengangkat senjata untuk memperoleh pemerintahan sendiri di bagian tenggara Turki yang mayoritas-Kurdi pada 1984, yang memicu konflik yang telah menyebabkan sekitar 44.000 orang tewas.
    
Meskipun PKK telah dibubarkan oleh Turki, pemberontak Kurdi tetap aktif melancarkan serangan, yang memicu Turki untuk melancarkan serangan udara ke Irak utara. Turki telah lama menuduh Irak utara yang wilayahnya bergunung-gunung menjadi tempat persembunyian pemberontak Kurdi yang melancarkan serangan lintas perbatasan ke Turki. Irak, Iran, Suriah, dan Turki semuanya memiliki minoritas Kurdi yang signifikan.    

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.