Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Uji Coba Rudal Berdaya Nuklir

Kompas.com - 20/05/2009, 05:14 WIB

BHUNEBANESWAR, KOMPAS.com - India telah menguji coba dengan berhasil rudal berkemampuan-nuklir di lepas pantai timurnya Selasa (19/5), sebagai bagian dari upaya negara itu membangun penangkis nuklir minimal yang dapat dipercaya. Rudal permukaan-ke-permukaan jarak sedang Agni-II itu, yang dapat menghantam sasaran sejauh 2.500 kilometer, ditembakkan dari sebuah peluncur yang bergerak di pulau Wheeler di lepas pantai negara bagian Orissa.
    
Tidak ada komentar yang disampaikan oleh kementerian pertahanan India.
 Rudal sepanjang 20 meter yang dikembangkan India itu berbobot 16 ton dan mampu membawa satu ton hulu ledak konvensional atau nuklir.
    
Itu adalah uji coba ketiga yang berhasil dari Agni-II, lapor kantor berita PTI, yang mengatakan rudal itu sekarang siap diproduksi.  India telah memiliki rudal Agni-II berjarak tembak 3.000 kilometer yang terjauh dalam rangkaian Agni yang dapat membawa muatan konvensional ataupun nuklir.
    
Rudal itu merupakan salah satu rangkaian yang dikembangkan oleh Organisasi Pengembangan Riset Pertahanan sebagai bagian dari strategi penangkisan terhadap tetangganya China dan Pakistan yang juga memiliki senjata nuklir.
Rudal Agni-I memiliki jarak serangan 1.500 kilometer.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com