Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sri Lanka Klaim Berhasil Taklukkan Macan Tamil

Kompas.com - 17/05/2009, 07:22 WIB

COLOMBO, KOMPAS.com - Presiden Sri Lanka Mahinda Rajapakse mengumumkan bahwa pemberontak separatis Macan Tamil telah "dikalahkan secara militer" setelah beberapa dasawarsa pertumpahan darah etnik yang sengit. Beberapa pejabat pertahanan Sri Lanka mengatakan serangan besar-besaran terhadap tentara pemberontak hampir selesai, dengan seluruh pulau itu dikuasai pemerintah untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun kecuali satu wilayah kantung kecil di hutan.
    
Mereka mengatakan sisa-sisa pasukan pemberontak "telah bersiap untuk melakukan bunuh diri massal setelah diputuskannya secara efektif rute untuk melarikan diri, darat dan laut" dengan gerakan penjepitan pantai pada pagi hari oleh militer.  "Saya bangga untuk mengumumkan...bahwa pemerintah saya, dengan komitmen total pasukan persenjata kami, dalam operasi kemanusiaan yang belum pernah terjadi sebelumnya akhirnya mengalahkan LTTE secara militer," Presiden Mahinda Rajapakse mengatakan dalam satu pidato di Jordania.
    
Macan Pembebasan Tamil Eelam berperang untuk memperoleh tanah air merdeka di pulau mayoritas etnik Sailan itu sejak 1970-an. Rajapakse mengatakan ia akan kembali ke "sebuah negara yang telah secara total bebas dari tindakan kejam LTTE".
    
Beberapa pejabat pertahanan melaporkan bahwa pertempuran sporadis masih berlangsung di satu daerah pantai di Sri Lanka timur laut. "Jalan keluar mereka satu-satunya adalah menyerah atau dihancurkan," kata kementerian pertahanan, yang menambahkan mereka juga yakin bahwa pemimpin LTTE Velupillai Prabhakaran masih bersembunyi di daerah itu.
   

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com