Paus: Perdamaian Bisa Saja Tercipta

Kompas.com - 16/05/2009, 08:16 WIB
Editor

JERUSALEM, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI mengakhiri kunjungannya di wilayah bersejarah di Timur Tengah dengan seruan tegasnya terhadap pembentukan negara Palestina. Dalam pesan yang ditinggalkan di lokasi yang pernah dijadikan tempat penyaliban Yesus Kristus, Paus menekankan bahwa perdamaian Timur Tengah bisa saja terbentuk.

"Biarlah secara universal diakui bahwa negara Israel berhak untuk eksis dan menikmati perdamaian serta keamanan dalam lingkup perbatasan yang diakui secara internasional," kata Paus di bandara Tel Aviv sebelum bertolak ke Roma. "Biarlah sebagai timbal baliknya masyarakat Palestina berhak menetap di wilayahnya dengan status merdeka dan berdaulat," tegas Paus.
 
"Jadikanlah solusi 2 negara sebagai sebuah realitas dan bukan hanya tinggal impian," tambahnya. Sebelum mengakhiri kunjungan hari kelima di Timur Tengah, Paus sempat menjalani prosesi keagamaan di antaranya adalah dengan mencium batu yang menjadi tempat pembaringan tubuh Yesus Kristus seusai disalib.

Paus juga menyampaikan pesannya kepada umat agar tidak kehilangan harapan. Pesan Paus Benediktus XVI itu disampaikan saat semakin menyusutnya jumlah umat Nasrani setempat di tengah konflik regional dan politik Israel-Palestina.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.