Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Koes Plus Akan Luncurkan Buku dan Manggung di Perpusnas

Kompas.com - 15/05/2009, 11:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com--Grup musik legendaris Koes Plus akan meluncurkan buku autubiografinya serta menghibur masyarakat dalam mengisi acara peringatan HUT ke-29 Perpustakaan Nasional RI di Jl Salemba Raya, Jakarta Pusat, 28 Mei 2009.

Sekretaris Utama Perpusnas Sri Sularsih kepada pers di Jakarta, Kamis, menjelaskan, acara bedah buku Koes Plus yang antara lain ditulis personilnya masih aktif Yon Koeswoyo itu dimasudkan agar masyarakat mengetahui tentang sejarah grup band musik Indonesia berdiri tahuan 1960-an hingga keberadaannya sekarang ini.

Acara yang didakan atas kerjasama Perpusnas dan manajemen Koes plus juga akan diisi penampilan Koes Plus Senior, dan grup Junior Koes Plus di halaman gedung tersebut yang masyarakat bisa menonton secara gratis.

Sri Sularsih menjelaskan, HUT ke-29 Perpusnas yang jatuh pada 17 Mei 2009 bertepatan hari Minggu akan diisi gerak jalan sehat yang dikuti seluruh karyawan dan pada Senin 18 Mei 2009 upacara bendera dilanjutkan pemberian penghargaan kepada penerbit, tokoh masyarakat, insan film dan media massa yang dinilai berjasa dalam pengembangan minat membaca masyarakat dan pendirian perpustakaan dalam rangka mencerdaskan masyarakat.

Pada 20 Mei 2009 akan diisi diskusi tentang perfilman yang mampu meningkatkan minat membaca masyarakat, seperti film Ayat-ayat Cinta dan Laskar Pelangi dengan menghadirkan pembicara aktor Ray Sahetapy dan komedian Aming.

Pada saat yang sama juga akan diadakan lokakarya penyelematan bahan pustaka, sehingga bagi masyarakat yang memilki dokumen rusak akibat bencana banjir, dapat di bawa ke PNRI untuk dilatih cara memperbaiki dan menyimpannya.

Sementara itu, Ketua Panitia HUT ke-29 Perpusnas T Syamsul Bahri mengatakan, perinagatan PNRI yang bertemakan "Perpustakaan sebagai Wahana Belajar Sepanjang Hayat" juga akan diisi dialog interkatif UU No 43/2007 tentang Perpustakaan dengan menampilkan pembicara Parni Hadi (Dirut RRI), Arswendo Atmowiloto (pemerhati media), Tantowi Yahya (Duta Baca Indonesia), Rieke Diah Pitaloka (artis) dan pakar Hukum Adnan Buyung Nasution pada 26 Mei 2009.

Masyarakat diharapkan dapat datang dan belanja pada acara pameran buku dan produk koperasi dan UMKM dalam menyambut HUT ke-29 Perpusnas yaitu pada tanggal 25-27 Mei 2009 serta pada saat yang sama diadakan pameran foto tentang perkembangan perpusatakaan dari tahun ke tahun di Indonesia.

Pada acara pameran buku tersebut juga akan diadakan lomba menyanyi bagi siswa SD se-Jakarta, lomba menari bagi siswa SLTP se-Jakarta dan lomba resensi atau sinopsis buku bagi siswa SLTA se-Jakarta.

Syamsul Bahri berharap, serangkaian peringatan HUT ke-29 Perpusnas mampu menggugah seluruh lapisan masyarakat untuk menjadikan membaca sebagai kegiatan rutin dalam meningkatan kecerdasan, membuka wawasan dan pengetahuan, serta mampu meningkatkan usahanya dalam menyejahterakan keluarganya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com