Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khadafi Dua Kali ke Italia

Kompas.com - 14/05/2009, 03:03 WIB

ROMA, KOMPAS.com - Pemimpin Libia Muamar Kadhafi akan mengadakan kunjungan resmi ke Italia bulan depan dan akan datang lagi ke negara Eropa itu untuk menghadiri pertemuan puncak G8 pada Juli, kementerian luar negeri Italia mengatakan, Rabu (13/5).
   
Duta Besar Libia untuk Italia Hafed Gaddur mengatakan kunjungan dari 10 hingga 12 Juni itu sebagian besar akan menyangkut masalah bilateral.
   
Kedua negara itu telah menandatangani perjanjian Agustus lalu tatkala Roma akan menyediakan miliaran dollar AS untuk investasi dan ganti rugi bagi pemerintah kolonialnya di negara Afrika utara itu dari 1911 hingga 1943, yang akan mengakhiri perselisihan yang telah berlangsung lama.
   
Libia dan Italia juga telah menandatangani perjanjian yang dimaksudkan untuk menghentikan imigran ilegal mencapai Italia, dan pekan lalu Roma mulai mengirim imigran yang dicegat di laut secara langsung kembali ke Libia sebelum mencapai pantai, yang memancing kecaman dari PBB.
   
Dana investasi Libia telah dibelikan saham di sejumlah perusahaan besar Italia dalam beberapa bulan belakangan ini dan negara itu mengatakan mereka sedang mempertimbangkan investasi lebih lanjut.
   
Kadhafi akan kembali ke Italia Juli untuk menghadiri, sebagai pemimpin Uni Afrika, sebagian dari pertemuan puncak G8 yang akan mencakup sejumlah pemimpin Afrika. Pada kesempatan itu, ia dapat bertemu dengan Presiden AS Barack Obama, yang akan menjadi pertemuan pertama antara Kadhafi dan seorang presiden AS.
   
Italia, yang tahun ini memimpin Kelompok Delapan, telah di garis terdepan hubungan hangat Barat dengan Tripoli sejak Libia mengumumkan pada 2003 bahwa negara itu akan menghentikan pengejaranya atas senjata nuklir, kimia, dan biologi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com