Paus Lepas Sepatu di Masjid Kubah Emas

Kompas.com - 12/05/2009, 22:54 WIB
Editor

JERUSALEM, KOMPAS.com — Paus Benediktus XVI, Selasa (12/5) siang tadi, memasuki Dome of The Rock atau masjid dengan kubah emas di Jerusalem. Ini merupakan yang pertama kalinya seorang Paus berkunjung ke tempat yang disucikan umat Muslim, Yahudi, dan Kristen itu. Paus melepaskan sepatunya sesuai dengan tradisi Islam ketika memasuki sebuah tempat suci.

Kunjungan itu berlangsung pada hari kedua lawatan Paus kelahiran Jerman itu ke Tanah Suci. Selanjutnya, Paus Benediktus akan berkunjung ke Tembok Barat, salah satu tempat tersuci Yahudi sebelum berdoa di tempat Yesus Kristus dulu melakukan jamuan terakhir sebelum ditangkap, diadili, dan mati di kayu salib.

Senin kemarin, Paus memberikan penghormatan kepada korban holocaust di monumen Yad Vahshem.

"Semoga nama-nama para korban tidak pernah hilang. Semoga penderitaan mereka tidak pernah dikecilkan dan dilupakan," katanya di tengah-tengah korban yang selamat dari kejadian holocaust.

Namun, pemimpin monumen Yad Vahshem, Avner Shalev, mengatakan kecewa karena Paus tidak mengecam keras Nazi.

Paus disambut Mufti Agung Jerusalem Mohammad Hussein di pintu masuk Dome of the Rock.

Paus memulai kunjungannya ke Israel pada Senin kemarin dengan mengeluarkan pernyataan bahwa sikap anti-Yahudi atau anti-Semit tidak bisa diterima. Dalam kesempatan itu dia juga menyuarakan dukungan kepada rakyat Palestina untuk mendapat tanah mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Laporan Wartawan BBC di Jerusalem, David Willey, mengatakan, seruan Paus yang mendesak dunia untuk menghapuskan sikap anti-Semit di seluruh dunia akan membuat senang Israel sebagai tuan rumah kunjungannya kali ini.

Paus Benediktus ketika kecil tumbuh pada masa pemerintah Nazi di Jerman, dia juga bergabung dengan gerakan muda pendukung Hitler. Dia direkrut sebagai seorang anak muda Jerman yang memang harus mengikuti kegiatan itu, tetapi dia bukan anggota yang antusias.

Dalam rangkaian kunjungan sebelumnya di Jordania, Paus juga menekankan pentingnya hubungan kerja sama umat Kristiani dengan Muslim.



25th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X