Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ahmadinejad Kembali Calonkan Diri

Kompas.com - 09/05/2009, 04:03 WIB

TEHERAN, KOMPAS.com - Presiden Iran Mahmoud Ahmadinejad  secara resmi mendaftarkan diri sebagai calon kepala negara republik Islam itu untuk masa jabatan kedua. Ahmadinejad optimis akan kembali memenangkan pemilihan pada 12 Juni mendatang.
       
Setelah mendaftarkan diri, Jumat (8/5), Ahmadinejad menyampaikan keinginannya melayani rakyat Iran untuk masa jabatan kedua.  "Saya hanya ingin melayani rakyat," katanya.
       
Ketika ditanya mengenai kemungkinan hasil pemilihan itu, pemimpin yang berhaluan keras itu menjawab, "Ketika sebuah negara melakukan pemilihan, hasilnya selalu baik dan mengejutkan, dan saya memiliki harapan."
       
Kantor Berita Iran IRNA melaporkan, presiden itu didampingi ke kementerian dalam negeri oleh manajer kampanyenya, Mojtaba Samareh Hashemi, dan penasihat media, Mehdi Kalhor, serta dua wakil presiden, Esfandiar Rahim Mashaie dan Ali Saeedlou.  Ahmadinejad berada di urutan kedua pendaftaran dari empat calon utama yang diperkirakan mendaftarkan diri dalam pemilihan 12 Juni itu.
     
Mantan kepala Korps Garda Revolusi Iran, Mohsen Rezai, juga mendaftarkan diri untuk pemilihan itu. Rezai, yang memimpin Korps Garda Revolusi selama 16 tahun sampai 1997, adalah tokoh konservatif pertama yang menantang Ahmadinejad dalam pemilihan itu.
       
Mantan ketua parlemen reformis Mehdi Karroubi dan mantan Perdana Menteri moderat Mir Hossein Mousavi juga diperkirakan mencalonkan diri dalam pemilihan presiden itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com