Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paus Harapkan Peran Gereja di Timur Tengah

Kompas.com - 09/05/2009, 00:03 WIB

AMMAN, KOMPAS.com - Paus Benediktus XVI berharap gereja Katholik dapat memainkan peran dalam proses damai Timur Tengah. Harapan itu disampaikan Paus ke kerumunan wartawan tidak berapa lama setelah pesawat yang ditumpanginya mendarat di ibukota Yordania, Amman, Jumat (8/5) untuk memulai kunjungan pertamanya di Timur Tengah.

Israel dan beberapa wilayah Palestina masuk sebagai wilayah yang akan dikunjungi Paus Benediktus XVI dalam lawatannya di Timur Tengah. Paus menerangkan gereja Katholik bukan merupakan kekuatan politik tetapi sebagai daya sprituil yang diharapkannya dapat berkontribusi dalam menyatukan Israel serta Palestina ke jalur perdamaian.

Kunjungan 3 hari Paus Benediktus di Yordania merupakan kunjungan pertamanya di sebuah negara Arab sejak terpilih sebagai pemimpin gereja Katholik Roma pada 2005. Dalam kunjungannya itu, Paus akan bertemu dengan beberapa ulama di mesjid terbesar Amman.

Paus juga dijadwalkan bertemu dengan Raja Abdullah serta Ratu Rania. Selain itu, Paus dijadwalkan bertemu dengan umat Nasrani asal Irak yang tersingkir hingga ke Yordania akibat aksi kekerasan di negara asal mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com